Pesepeda Batam, 6 Bulan Lagi Anda Bisa Nikmati Jalur Khusus

Wali Kota Batam yang juga Kepala BP Batam Muhammad Rudi meninjau pembangunan jalur sepeda di Batam, Senin (7/12/20). (F: Humas Pemko Batam untuk Barakata.id)
Banner Pemprov Kepri

Barakata.id- Ada kabar gembira bagi para pesepeda di Batam. Sebab, 6 bulan lagi bisa menikmati jalur khusus. Saat ini pembangunan infrastruktur di Batam memang terus digesa. Jalan khusus sepeda ini salah satunya.

Jalur sepeda ini akan dibangun dari Bundaran Madani hingga Jembatan Bengkong Sadai. Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan, jalan yang berada di Pasir putih itu tak hanya akan dibangun jalur pesepeda saja, tapi juga bakal dilebarkan.

Baca Juga:
Membludak, Pemerintah Perketat Impor Sepeda

Advertisement

“Akan dibangun lima lajur, trotoar dan drainase. Targetnya enam bulan ke depan sudah selesai,” kata Rudi, saat meninjau lokasi pengembangan jalan tersebut, Senin (7/12/20).

Rudi mengatakan, jalan itu nantinya akan jadi contoh saat pembangunan jalan lain, sebab punya jalur sepeda. Untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya, jalur sepeda itu dibangun dengan lebar 2 meter.

Kemudian untuk jalan utama dibangun lima lajur, ruang terbuka hijau 1,5 meter, pedestrian 2 meter di masing-masing jalur, serta median jalan 3 meter. Rudi berharap, dengan penataan jalan tersebut pembangunan Batam makin cepat dan masyarakat makin nyaman berkendara.

Namun yang paling penting, menurutnya adalah estetika Kota Batam makin memesona. Sehingga apat menunjang Batam sebagai kota pariwisata.

Jalan yang dikerjakan PT Multi Sindo Internasional itu menelan anggaran mencapai Rp23.590.632.000. Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Pengerjaan jalan tersebut diberi waktu 180 hari kalender.

Selain jalan khusus pesepeda, Rudi mengatakan pihaknya juga menggesa pembangunan Jalan Yos Sudarso, Batuampar. Jalan di kawasan itu bakal dilebarkan. Sehingga akses keluar masuk kendaraan menuju dan ke Pelabuhan Batuampar semakin lancar.

Baca Juga:
Ini Dia Panduan Bersepeda di Masa New Normal

“Untuk saat ini kita tambah satu lajur dulu, tapi sudah sekalian disiapkan untuk dibangun lima lajur,” ujarnya.

Pembangunan jalan di kawasan tersebut, selain agar akses lancar, juga sebagai pendukung Pelabuhan Batuampar sebagai Pelabuhan Internasional khusus bongkar muat peti kemas. Seperti halnya jalur khusus untuk pesepeda, pembangunan jalan Yos Sudarso ini juga ditargetkan rampung 6 bulan ke depan.

***

Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin