Home Kepulauan Riau

Penyandang Disabilitas Diantar Jemput Saat Bikin SIM

Penyandang Disabilitas Bikin SIM
Para penyandang disabilitas di Batam yang sudah mencoba inovasi Si Gadis, Jumat (26/2/21). (F: Humas Polresta Barelang)

Barakata.id, Batam- Penyandang disabilitas di Batam yang ingin bikin Surat Izin Mengemudi (SIM) kini semakin mudah. Hal itu karena Satlantas Polresta Batam membuat inovasi layanan antar jemput yang diberi mama SIM Siaga Antar Jemput Disabilitas (Si Gadis).

Inovasi Si Gadis ini resmì diluncurkan Jumat (26/2/21) oleh Kapolresta Barelang Kombes Yos Guntur.

Yos mengatakan, inovasi Si Gadis ini merupakan bentuk implementasi peningkatan kualitas pelayanan publik dari 100 hari program Kapolri. Inovasi tersebut mewakili transformasi menuju Polri yang prediktif, responsibilitas, transparasi dan berkeadilan.

Baca Juga:

“Pada awal Februari 2021 Porlesta Barelang memperoleh prediket pelayanan terbaik dari Kementerian PAN RB,” kata Yos dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/2/21).

Untuk mempertahankan status itu, Polresta Barelang melakukan inovasi dan perubahan positif yang efeknya mampu diterima masyarakat. Khususnya yang selama ini belum tersentuh oleh pelayanan publik. Salah satunya kemudahan bagi para penyandang disabilitas untuk bikin SIM.

Untuk mendukung inovasi Si Gadis, Satlantas Polresta Barelang sudah menyiapkan kendaran khusus dan personel yang telah diberi pelatihan. Para personel ini akan mengantar dan menjemput pemohon SIM disabilitas ke Kantor Pelayanan SIM Polresta Barelang.

“Kendaraan uji praktek juga sudah didesain khusus untuk tes praktik para penyandang disabilitas,” kata Yos.

Tak hanya itu, ruang tunggu dan fasilitas khusus bagi pemohon SIM disabilitas juga disediakan. Seperti kursi roda, toilet khusus, loket khusus, parkir khusus dan lain sebagainya.

Selama pengurusan SIM penyandang disabilitas juga akan didampingi dengan personel Polri dari Polresta Barelang.

Baca Juga:

“Maka kami mengimbau kepada seluruh penyandang disabilitas di Kota Batam yang mobilitasnya menggunakan kendaraan agar dapat melengkapi adminstrasi SIM nya. Tentu saja dengan memanfaatkan program Si Gadis,” ujarnya.

Caranya dengan menhubungi nomor call center 0821-2202-2005 dan petugas akan menjemput pemohon SIM disabilitas.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin