Beranda Kepulauan Riau Batam

Penumpang Kapal di Pelabuhan Batam Tembus 8,1 Juta Orang

14
0
Pelabuhan di Batam
Jumlah penumpang kapal di Batam meningkat selama perayaan Nataru 2023/2024. (F: barakata.id/ist)
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – Pembangunan yang masif dan perkembangan positif sektor pariwisata di Kota Batam sepanjang Tahun 2023, berimbas pada peningkatan jumlah penumpang kapal. Catatan Badan Pengusahaan (Bap) Batam, penumpang kapal di Pelabuhan Batam tahun lalu mencapai 8,1 juta orang.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait mengatakan, jumlah penumpang kapal itu berasal dari pelabuhan domestik maupun internasional. Dibandingkan tahun 2022, jumlahnya meningkat hingga 48 persen.

- Advertisement -

“Tahun 2022, jumlah penumpang kapal di semua pelabuhan di Batam sebesar 5,4juta,” kata Ariastuty,, Senin (8/1/24).

BACA JUGA : Penumpang Pelabuhan Internasional di Batam Naik 5 Persen Saat Nataru 2024

Ariastuty mengatakan, dari total 8,1 juta penumpang datang dan berangkat, 55 persen di antaranya atau sekitar 4,4juta penumpang merupakan penumpang yang melewati Pelabuhan Internasional di Batam. Antara lain Terminal Ferry Internasional Batam Centre, Terminal Ferry Internasional Sekupang, Terminal Ferry Internasional Nongsapura, Terminal Ferry Internasional Harbour Bay, dan Terminal Ferry Internasional Teluk Senimba.

Jumlah penumpang terbanyak berasal dari Terminal Ferry Internasional Batam Centre yakni sebesar 2.6 juta, selanjutnya disusul Terminal Ferry Internasional Harbour Bay sebesar 1,3 juta penumpang.

Sedangkan, untuk Terminal Domestik, dari total penumpang 3,6 juta datang dan berangkat, 49 persen di antaranya berasal dari Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur dan 33 persen berasal dari Terminal Ferry Domestik Sekupang. Ariastuty optimis jumlah penumpang kapal dapat kembali ke capaian di tahun 2019 yang tembus hingga 11,4 juta orang.

BACA JUGA : Arus Balik Nataru, Jumlah Penumpang Kapal di Batam Naik 8 Persen

“Jika dilihat dari jumlah kunjungan (penumpang datang) di Terminal Ferry Internasional terdapat peningkatan 96 persen dari 1,1 juta penumpang di tahun 2022 menjadi 2,2 juta pada 2023. Peningkatan kunjungan juga terjadi di Terminal Ferry Domestik yakni sebesar 17 persen dari 1,5 juta orang menjadi 1,8 juta orang di tahun 2023,” kata dia.

Ariastuty meyakini capaian itu tak lepas dari upaya BP Batam dan dukungan pemerintah pusat maupun daerah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur yang berdampak pada kemajuan sektor pariwisata di Batam.

“Peningkatan jumlah penumpang kapal di Batam ini menjadi sinyal positif bagi kebangkitan ekonomi Batam. Hal ini menunjukkan bahwa Batam masih menjadi destinasi tujuan bagi wisatawan mancanegara dan domestik,” pungkasnya. (gam)

- Advertisement -