Home Warta Ekonomi

Penjualan Hunian Mewah di Singapura Meningkat

80
Penjualan properti di Singapura tumbuh 30 persen pada Mei 2019, seiring dengan tingginya permintaan hunian mewah. (F: net)

Singapura- Tingginya permintaan untuk hunian mewah mendongkrak penjualan properti di Singapura hingga 30 persen pada bulan Mei 2019. Negeri Singa itu mencatatkan penjualan 952 rumah pribadi sepanjang bulan lalu.

Penjualan itu, seperti dilaporkan oleh Urban Redevelopment Authority of Singapore, meningkat dari 735 unit yang terjual pada April.

Dari data yang dirilis, sepertiga dari properti yang terjual berada pada kisaran harga di atas 2.000 dolar Singapura atau sekitar US$1.460 per meter persegi.

Baca Juga : PPnBM Rumah Mewah di Bawah Rp30 Miliar Dihapus

Laporan lain dari OrangeTee & Tie Pte., sebanyak 48 unit rumah baru di negara yang berbatasan dengan Kota Batam, Indonesia itu, terjual dengan harga 3 juta dolar Singapura atau lebih.

Menurut Christine Sun, Kepala Riset dan Konsultasi di OrangeTee, pasar properti Singapura kemungkinan tengah menikmati aliran dana investor yang bergeser dari instrumen investasi dalam bentuk uang ke instrumen yang lebih aman

“Ketidakstabilan geopolitik dan kerusuhan sosial di sekitar kawasan ini, ditambah dengan perang perdagangan AS-Cina yang semakin intensif, dapat memicu perilaku pergeseran instrumen investasi di kalangan investor,” kata Sun, Senin (17/6/19) dikutip dari Bloomberg.

Sun mengatakan, sebagian besar investor mungkin tengah mengurangi investasi ekuitas yang lebih tidak stabil dan memilih aset yang lebih aman. Atau mengalihkan dana mereka dari negara-negara berisiko tinggi ke negara-negara dengan pasar yang lebih stabil seperti Singapura.

Baca Juga : Ekspor Kepri ke Singapura Turun 52,19 Persen

Penjualan juga didukung oleh peluncuran dua pengembangan kondominium baru, yakni Parc Komo dan Amber Park, di mana keduanya memiliki tingkat penerimaan lebih dari 25 persen.

“Tingkat pengambilan ini dapat dianggap sehat dalam situasi pasar saat ini,” kata Ismail Gafoor, Kepala Eksekutif PropNex Realty.

Total penjualan rumah pribadi baru yang tercantum dalam angka penjualan pada Mei, tidak termasuk kondominium eksekutif, menjadi 3.525 unit dalam lima bulan pertama tahun ini, tumbuh 2,6 persen dibandingkan periode yang sama pada 2018.

“Untuk sisa tahun ini, kami mengharapkan kinerja penjualan yang konsisten, dengan perkiraan 8.500 hingga 9.000 rumah pribadi baru akan ditransaksikan,” kata Gafoor

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin