Home Kepulauan Riau Batam

Penerimaan ZIS Baznas Batam di 2020 Capai Rp9,4 M

Penerimaan ZIS Baznas Batam
Baznas Kota Batam saat bersilaturahmi dengan Sekda Batam Jefridin Hamid, Rabu (9/6/21). (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Batam- Penerimaan zakat, infak, sedekah (ZIS) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tahun 2020 mendapat apresiasi dari Sekretaris Daerah (Sekda) Batam Jefridin Hamid.

Pada kesempatan itu, Jefridin mengucapakan terima kasih atas peranan Baznas Batam.

“Lembaga ini semakin dipercaya umat Islam untuk mengelola zakat di Batam,” ucap Jefridin saat menerima kunjungan silaturahmi Baznas Batam, Rabu (9/6/21).

Baca Juga:

Berdasarkan data Baznas Kota Batam, penerimaan ZIS selama 2020 sebesar Rp9,4 miliar. Dana itu bersumber dari muzaki Aparatur Sipil Negara (ASN) Batam, individu, unit pengumpul zakat maupun badan usaha lainnya.

Dari jumlah tersebut, dana yang sudah tersalurkan sebesar RP8,6 miliar. Dana tersebut disalurkan melalui program utama Baznas, di antaranya Batam Cerdas yang leiputi 1.400 bantuan.

Kemudian melalui program Batam Taqwa, bantuan ini diberikan kepada dai hinterland, yayasan, Taman Pendidikan Quran, qori-qoriah, kaderisasi hafiz, dan lain-lain.

Selanjutnya, dana juga disalurkan melalui program Batam Peduli. Di program ini, Baznas ikut membantu saat bencana. Kemudian disalurkan juga melalui program Batam Makmur dan Batam Sehat.

Sementara itu, dari dara yang ada, penerimaan ZIS Januari- Mei 2021 telah mencapai Rp9,6 miliar. Sedangkan pendistribusian dana sebesar Rp8,6 miliar.

Baca Juga:

Angka tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan terkait ZIS yang dikelola Baznas Batam dibanding tahun 2020 lalu. Berdasarkan data tersebut, maka di 2021 ini target ZIS dari yang semula Rp9,2 miliar menjadi Rp17,5 miliar.

Jefridin menyambut baik semangat Baznas Batam tersebut. Menurut dia, zakat dapat memberikan manfaat ekonomi jangka pendek maupun jangka panjang bagi penerima.

“Salah satu tujuan utamanya ZIS ini, yakni mengentaskan kemiskinan,” ujarnya.

***

Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin