Home Kepulauan Riau Batam Penerimaan Siswa Baru di Batam Dibuka 8 Juni 2021

Penerimaan Siswa Baru di Batam Dibuka 8 Juni 2021

Jadwal dan Persyaratan PPDB Batam
Disdik Batam mulai membuka pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran 2021/2022 mulai 8 Juni 2021.
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam – Penerimaan siswa baru di Kota Batam untuk tingkat SD dan SMP akan dibuka mulai 8 Juni 2021. Proses pendaftaran dilakukan secara online atau dalam jejaring (daring) dan off-line atau luar jejaring (luring).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Hendri Aluan mengatakan, penerimaan siswa baru atau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk tahun pelajaran (TP) 2021/2022 pada bulan Juni mendatang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Bagi wali murid yang ingin mendaftarkan anak-anaknya, bisa mendaftar secara online melalui laman yang telah disediakan yakni http://ppdbatam.id. Sementara itu, untuk pendaftaran secara luring atau langsung, hanya diperuntukan bagi sekolah yang berada di hinterland.

“Teruma di sekolah-sekolah yang tidak ada jaringan internet, pendaftaran dilakukan secara offline,” kata Hendri di Batam, Kamis (20/5/21).

BACA JUGA : Tahun Ajaran Baru, Selain di Zona Hijau, Siswa Tetap Belajar di Rumah

Jalur Zonasi, Afirmasi, Pindahan dan Prestasi

Hendri menjelaskan, PPDB sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, terbagi menjadi empat jalur. Empat jalur itu adalah Zonasi, Afirmasi, Pindahan dan Prestasi.

1. Jalur Zonasi

Pendaftaran siswa baru melalui jalur Zonasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan Wali Kota Batam. Untuk pagu jalur zonasi pembagiannya adalah; SD 80 persen dari pagu masing-masing sekolah, sementara SMP 50 persen dari pagu masing-masing sekolah.

2. Jalur Afirmasi

Pendaftaran jalur Afirmasi diperuntukkan bagi calon peserta didik baru dari keluarga tidak mampu dan atau penyandang disabilitas yang masih mampu mengikuti pembelajaran secara normal.

Pagu jalur afirmasi sebanyak 15% dari pagu masing-masing sekolah, baik jenjang SD maupun SMP.

BACA JUGA : Warga Batam, Daftar Murid Baru Juga Bisa Lewat WhatsApp

3. Jalur Perpindahan

Pendaftaran jalur Perpindahan diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari perpindahan tugas orangtua/wali atau mutasi kerja ke Kota Batam yang dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan yang mempekerjakannya.

Pagu untuk jalur kepindahan orang tua, sebanyak 5 persen dari Pagu masing-masing sekolah untuk jenjang SD maupun SMP.

4. Jalur Prestasi

Pendaftaran jalur Prestasi ini diperuntukkan bagi peserta didik berprestasi. Hal ini ditentukan berdasarkan surat keterangan peringkat nilai raport dari sekolah asal dan atau prestasi bidang akademik dan non akademik pada tingkat internasional, nasional, provinsi, atau kabupaten/kota dalam tiga tahun terakhir. Pagu untuk jalur prestasi 30 persen dari daya tampung sekolah.

Hendri menyarankan bagi calon siswa baru maupun orangtua/wali yang mengalami kendala atau bertanya seputar PPDB dapat menghubungi di nomor telepon 0778324442 dan WhatsApp di nomor 082283471179 atau mengirim email [email protected]

*****

Editor : YB Trisna

SebelumnyaAmsakar Minta Vaksin Gotong Royong untuk Pekerja Industri di Batam kepada Jokowi
SelanjutnyaJadwal dan Persyaratan PPDB Batam TA 2021/2021

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin