Home Nusantara Pencarian Pesawat Sriwijaya Air Terus Dilakukan, Panglima TNI dan Kemenhub Kerahkan Pasukan

Pencarian Pesawat Sriwijaya Air Terus Dilakukan, Panglima TNI dan Kemenhub Kerahkan Pasukan

100
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengerahkan pasukan ikut membantu tim SAR untuk mencari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air. F: Ist
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Jakarta- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) terus melakukan pencarian di lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta – Pontianak, Sabtu (9/1/2021).

Guna membantu pelaksanaan pencarian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memerintahkan untuk mengerahkan armada udara di Lanud Halim dan armada TNI AL disiapkan membantu misi SAR.


Baca juga:

Diantaranya pangkalan TNI AL di Kolinlamil, Tanjung Priok dan Pos TNI AL Tanjung Pasir, di pesisir utara Tangerang. Beberapa satuan TNI AD juga terdapat di sekitar Teluk Jakarta. Pun ikut dilibatkan dalam pencarian tersebut.

Panglima TNI mengatakan, saat ini Satuan Angkatan Laut terdekat ada di Tanjung Pasir di Tangerang tepatnya di pesisir utara Teluk Jakarta. Termasuk Pesawat TNI AU ada di Lanud Halim Perdana Kusuma.

Baca juga:

“Begitu juga potensi SAR lainnya dari TNI disiagakan untuk membantu,” kata Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Selain itu, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga mengerahkan 7 unit kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) untuk membantu pencarian tersebut.

Dari tujuh unit kapal, 5 unit diantaranya merupakan armada Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok yaitu KN. Trisula P-111 yang saat ini sudah berada di wilayah perairan Kepulauan Seribu.

Baca juga:

Sementara KN. Alugara P-114, KN. Celurit P-203, KN. Belati P. 205. Selain itu, RIB SAR PLP Tanjung Priok juga disiagakan.

Sementara Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kepulauan Seribu juga telah mengerahkan 2 kapal patroli yaitu KN.355 dan V.S054 yang akan berangkat besok pagi.

“Kapal-kapal patroli KPLP siap siaga dan segera bergabung dengan tim SAR dibawah komando dari Basarnas untuk melakukan pertolongan dan pencarian korban pesawat Sriwijaya Air tersebut,” kata Direktur KPLP, Ahmad mellalui siaran pers, Sabtu (9/1/2021).

Baca juga:

Berdasarkan data Flight Radar, Pesawat Sriwijaya Air tersebut hilang kontak tak lama setelah take off dari Bandara Soekarno-Hatta dan tidak ada komunikasi saat berada di Perairan Kepulauan Seribu.

*****

Editor: Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin