Home Kepulauan Riau Batam Pemuda Agen Perubahan, Penentu Momen Perjalanan Bangsa

Pemuda Agen Perubahan, Penentu Momen Perjalanan Bangsa

Pemuda Agen Perubahan
Upacara Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-93 tingkat Kota Batam, Kamis (28/10/21). (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Pemuda merupakan agen perubahan. Pemuda juga menjadi penentu momen perjalanan bangsa. Hal itu diungkapkan Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat upacara Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke- 93 tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri, Kamis (28/10/21).

Menurut Rudi, pemuda menjadi agen perubahan adalah fakta sejarah.

“Pemuda Indonesia selalu menjadi penentu momen penting perjalanan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga:

Rudi menyebutkan, momen-momen itu di antaranya, pada 1908, pendirian pergerakan Budiutomo sebagai momen kesadaran bangsa. Kemudian pada 1926 merupakan kongres pemuda peretama. Lalu pada 1928 momentum Sumpah Pemuda untuk persatuan bangsa.

“Tahun 1945 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 1966 Tritura, 1998 Reformasi. Semua momentum penting tersebut ialah hasil karya, komitmen dan dedikasi para pemuda Indonesia,” kata Rudi.

Menurut Rudi, momentum-momentum bersejarah penting bangsa Indonesia yang bisa dicapai dengan modal persatuan para pemuda.

Oleh karena itu, persatuan menjadi syarat sebuah loncatan perubahan dan menghadapi berbagai tantangan ke depan. Tema HSP kali ini adalah Bersatu, Bangkit dan Tumbuh. Tema tersebut menegaskan kembali komitmen yang dibangun para pemuda yang diikrarkan dalam Sumpah Pemuda.

“Hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” kata Rudi.

Rudi mengajak para pemuda di Batam agar momentum Hari Sumpah Pemuda yang diperingati hari ini mampu menjadi perekat persatuan sebagai bangsa untuk sama-sama bangkit melawan pandemi. Selain itu juga untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda.

Pencapaian penanganan Covid-19 saat ini menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hal ini menjadi momentum bangsa Indonesia segera bergerak tumbuh secara ekonomi khususnya ekonomi yang mendorong kemandirian Pemuda dalam mensejahterakan diri dan selanjutnya memberikan dampak pada kesejahteraan bahgsa Indonesia secara keseluruhan. 

Baca Juga:

“Terutama memulihkan kondisi ekonomi para pemuda sebagai segemen yang paling terdampak oleh situasi Covid-19 ini. Dalam upaya membangkitkan ekonomi pemuda, juga percepatan pemulihan situasi ekonomi nasional menyongsong Indonesia Maju,” ujarnya.

Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru, wirausaha muda, baik dalam hal penumbuhan minat, pemberian bantuan wirausaha, termasuk wirausaha berbasis perguruan tinggi dan pesantren, sampai pada apresiasi wirausaha berprestasi. 

“Upaya ini tentu tidak akan berdampak maksimal tanpa dukungan semua pihak, khususnya bersatunya niat dan ikhtiar para Pemuda dalam turut serta membangun bangsa ini secara Bersama-sama,” kata Rudi. (asrul)

SebelumnyaGelar Lomba dan Konggres di Peringatan Sumpah Pemuda, Bupati Blitar : Biar Nasional Menoleh Kita
SelanjutnyaBaznas Batam Bagikan Sembako untuk Tenaga Honorer Disdik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin