Home Kepulauan Riau

Pemrov Kepri Surati Kimia Farma, Minta Tarif GeNose Lebih Murah

Tarif GeNose Lebih Murah
Ilustrasi. Pemrov Kepri meminta pengurangan tarif cek GeNose kepada pihak pengelola, Kimia Farma. (F: bpbatam.go.id)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id- Kepulauan Riau- Pemerintah Provinsi (Pemrov) Kepri berharap tarif pengecekan Covid-19 menggunakan GeNose lebih murah.

Kendati demikian Pemrov Kepri tak dapat serta merta menurunkan harga ters GeNose tersebut. Hal itu karena kewenangan menentukan tarif GeNose bukanlah di tangan Pemrov Kepri. Melainkan di tangan pihak pengelola dalam hal ini Kimia Farma.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Arif Fadillah mengaku telah dua kali menyurati pihak Kimia Farma untuk meminta pengurangan harga atau memberikan subsidi tarif GeNose sehingga lebih murah.

Baca Juga:

“Ya minimal harganya sama seperti harga tes GeNose di Kereta Api Indonesia lah sekitar Rp30.000. Kita kan tak ada kereta api yang ada kapal laut sebagai transportasi,” ujarnya di Tanjungpinang, Rabu (2/6/21) dikutip dari laman kepriprov.go.id.

Selain itu, Arif juga meminta pihak Kimia Farma menggratiskan tes kedua GeNose jika pada tes pertama orang tersebut dinyatakan positif.

“Sekarang masih masyarakat yang bayar dua kali,” kata Arif.

Sementara itu sejauh ini, jika rapid tes antigen dinyatakan positif lalu melaporkan diri ke fasilitas kesehatan milik pemerintah seperti puskesmas, maka tes PCR Swab akan digratiskan oleh pemerintah. Tes PCR swab hanya dibayar secara mandiri jika dilakukan secara mandiri tanpa melapor ke pusat kesehatan milik pemerintah.

Baca Juga:

Arif berharap Kimia Farma dapat menyetujui pengajuan penurunan harga GeNose tersebut. Hal ini mengingat tarif yang ditetapkan saat ini sebesar Rp40 ribu dirasakan masyarakat agak berat di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Kita juga mendapatkan laporan dari masyarakat yang bolak-balik berangkat terkait harga cek G-Nose yang cukup memberatkan,” ungkap Arif.

Seperti diketahui, saat ini pengecekan GeNose sudah dipakai di Bandara Hang Nadim Internasional Batam. Selain itu GeNose juga sudah dipakai di beberapa pelabuhan domestik yang ada di Kepri. GeNose juga menjadi salah satu syarat sebelum melakukan perjalanan domestik menggunakan kapal laut.

***

Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin