Home Kepulauan Riau

Pemprov Kepri Gelar Lomba TTG 2019 Berhadiah Rp51 Juta

92
Wagub Kepri, Isdianto menyerahkan hadiah kepada pemenang TTG Kepri 2018 di Tanjungpinang. Pemprov Kepri tahun ini kembali menggelar lomba tersebut dengan hadiah total Rp51 juta. (F; Pelantar.id)

Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali menggelar lomba teknologi tepat guna (TTG) untuk mencari karya-karya inovasi terbaik putra tempatan. Panitia sudah menyiapkan hadiah total Rp51 juta untuk para pemenang Lomba TTG 2019 ini.

Bagi masyarakat yang berminat, bisa mendaftarkan karyanya ke panitia di kantor Pemprov Kepri di Tanjungpinang. Pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 1 Mei dan akan ditutup pada 30 Juni 2019 nanti.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (PMD Dukcapil) Provinsi Kepri, Sardison mengatakan, sejak dibuka pada 1 Mei lalu, sudah ada 90 peserta yang mendaftarkan inovasi mereka kepada panitia.

“Semua pihak bisa ikut lomba ini, yang penting punya katya inovasi tepat guna yang bermanfaat bagi orang banyak, katanya di Tanjungpinang, Selasa (25/6/19).

Baca Juga : Lomba Video Pendek Wisata Milenial, Hadiahnya Rp200 Juta

Sardison mengatakan, peserta yang mendaftar banyak berasal dari individu, universitas hingga pos pelayanan teknologi. Ia memastikan tidak ada kriteria khusus agar bisa mengukuti lomba TTG tahun ini.

Meski demikian, sesuai arahan Direktorat Pendayagunaaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Teknologi Tepat Guna (TTG), peserta diharapkan bisa menitikberatkan karya inovasi mereka pada penyelesaian masalah sumber daya alam lokal. Ia mencontohkan, pentingnya karya inovasi yang dapat menyelesaikan persoalan sampah di laut.

“Intinya, karya teknologi yang bisa memberi solusi atas masalah-masalah yang ada di masyarakat. Kita di Kepri ini misalnya, bisa membuat inovasi untuk mengatasi masalah sampah di laut,” kata dia.

Baca Juga : Suka Nge-Vlog? Ikutlah Lomba Vlog Diskominfo Kepri, Hadiahnya Jutaan Rupiah

Pada lomba TTG Kepri 2019 ini, lanjut Sardison, panitia akan mengambil 30 karya terbaik dari peserta. Selanjutnya, karya-karya itu akan diikutsertakan pada ajang serupa tingkat nasional yang dilaksanakan pada 21-25 September 2019 di Jakarta.

Panitia sudah menyiapkan hadiah uang tunai total Rp51 juta untuk para pemenang. Sardison mengatakan, pemenang dalam lomba TTG ini dibagi menjadi juara 1 sampai 3, dan juara harapan 1 sampai harapan 3.

“Nanti ada dipilih juga untuk produk unggulan dan Posyantek,” ujarnya.

Juara TTG Kepri 2018

Tahun lalu, lomba TTG Kepri dijuarai oleh Rio Priady dengan karya inovasi Rumah Kawin Kepiting dan Konservasi (Rompak. Karya inovator asal Kabupaten Bintan itu menyisihkan 29 karya lain dari 7 daerah di Kepri.

Untuk juara kedua, diraih utusan Politeknik Batam yang menghasilkan karya bertajuk Tak Bisa Nyala. Karya itu berupa inovasi kendaraan bermotor yang menyatukan antara helm dan sepeda motor.

Kemudian, posisi ketiga direbut SMAN 5 Karimun dengan karya pemanfaatan buah belimbing buluh sebagai pembeku getah karet.

Selain tiga pemenang itu, lomba TTG tingkat Provinsi Kepri 2018 juga memilih tiga juara harapan. Juara harapan satu untuk SMAN 1 Lingga dengan karya sabun dari limbah sagu, SMP Nurul Jannah Natuna sebagai juara harapan dua dengan inovasi cabe smart, dan juara harapan tiga diraih SMAN 2 Tanjungpinang dengan karya pembuatan garam dapur NHCL skala industri.

Wakil Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan, lomba TTG akan terus digelar sebagai upaya optimalisasi sumber daya alam serta memajukan ekonomi desa, meningkatkan kapabilitas dan partisipasi masyarakat.

“Dengan lomba ini diharapkan masyarakat mendapat informasi mengenai TTG yang dikembangkan, sehingga ada transaksi serta pemanfaatan TTG yang dihasilkan,” kata dia.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin