Home Kepulauan Riau Tanjungpinang

Pemprov Kepri Dorong RT/RW Gencar Sosialisasi Vaksinasi Lansia

Vaksinasi Lansia
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad

Barakata.id, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepri mendorong seluruh RT/RW di daerah itu untuk gencar melakukan sosialisasi untuk pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat, terutama warga lanjut usia (lansia). Warga lansia memang menjadi salah satu kelompok masyarakat yang mendapat prioritas dalam program vaksinasi Covid-19.

Hal itu disampaikan Gubernur Provinsi Kepri H Ansar Ahmad pada rakor bersama Wakil Menteri Kesehatan RI secara virtual dengan agenda Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, kemarin.

“Kita akan dorong lagi melalui RT/RW dengan menyiapkan fasilitas dan edukasi lebih gencar lagi,” ujar Ansar.

BACA JUGA : Selama 2 Hari, Giliran 500 Lansia di Batam Divaksin

Menurut Ansar, saat ini perkembangan vaksinasi untuk lansia masih dalam proses dan perlu terus dioptimalkan.

“Mengingat para lansia ini komorbit, ada yang memiliki penyakit bawaan. Ditambah lagi menyangkut permasalaham psikisnya,” kata dia.

Ansar menyampaikan, saat ini perkembangan Covid-19 dari seluruh kabupaten dan kota yang ada di Kepri menunjukan angka yang menggembirakan. Empat dari tujuh daerah di Kepri sudah menunjukkan angka zero kasus dan menjadi green zone atau Zona Hijau Covid-19.

Sementara tiga kabupaten dan kota yakni Batam, Tanjungpinang dan Bintan jumlah kasus aktif juga terus menurun. Hingga Selasa (23/3/21) kemarin, kasus aktif Covid-19 di tiga daerah itu tak lebih dari tiga kasus.

“Penurunan kasus aktif ini cukup menggembirakan. Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Provinsi Kepri juga cukup bagus, mencapai 95,50 persen,” kata Ansar.

BACA JUGA : 3.605 Lansia di Kepri Sudah Divaksin Covid-19

Meski demikian, Ansar tetap mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Ia mengajak masing-masing warga supaya saling mengingatkan untuk selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Protokol kesehatan adalah kunci kita untuk menekan penyebaran virus corona ini. Tetaplah mematuhi protokol kesehatan. Pakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, hindari kerumunan dan lain sebagainya,” kata Ansar.

“Kita berharap pandemi Covid-19 ini bisa segera berlalu, dan aktivitas kita kembali normal hingga perekonomian juga cepat pulih,” pungkas mantan Bupati Bintan dua periode itu.

*****

Editor : YB Trisna

Sumber : Kominfo.kepriprov.go.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin