Kepulauan Riau Tanjungpinang Pemprov Kepri Akan Bangun 6 Sekolah di Batam, Natuna dan Bintan

Pemprov Kepri Akan Bangun 6 Sekolah di Batam, Natuna dan Bintan

104
Muhamad Dali
Kepala Disdik Kepri, Muhammad Dali

Barakata.id, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) akan membangun enam sekolah tahun ini. Sekolah-sekolah baru itu bakal dibangun di Kota Batam, Kabupaten Natuna dan Kabupaten Bintan.

Kepala Dinas Pendidikan Kepri Muhamad Dali mengatakan, pembangunan gedung sekolah tersebut disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga :
Anggaran Pendidikan Naik 25 Persen, Pemprov Kepri Tambah Sekolah dan Guru

Dali mengemukakan pembangunan sekolah diharapkan dilaksanakan tahun ini sehingga penerimaan murid baru dapat dilakukan pihak sekolah.

“Kami berharap kebutuhan ruang kelas mencukupi, terutama di Batam,” katanya di Tanjungpinang, kemarin.

Awalnya, empat SMAN akan dibangun di Batam, namun baru tiga sekolah yang dapat direalisasikan tahun 2020 lantaran lahan untuk satu sekolah lainnya belum rata.

“Ada lahan untuk satu SMAN di Batam yang harus dipotong sehingga pembangunan gedung sekolahnya dilaksanakan tahun 2021,” kata dia.

Baca Juga :
Tak Punya Gedung, 6 SMP Negeri di Batam Masih Menumpang di Sekolah Lain

Dali mengatakan, selain gedung SMA, di Batam juga akan dibangun satu SMKN. Sekolah kejuruan dibutuhkan untuk meningkatkan ketrampilan para generasi muda.

Sementara, di Kabupaten Natuna juga akan dibangun SMKN, sedangkan di Bintan dibangun SLB.

“Di Kijang, Bintan akan dibangun SLB tahun ini. Ini dibutuhkan, karena Kijang ramai penduduk,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak mengatakan, anggaran pendidikan dalam APBD Kepri tahun 2020 naik hingga 25 persen. Kenaikan anggaran itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan Kepri sekaligus kesejahteraan para guru.

“Dari target APBD Kepri tahun 2020 sebesar Rp 3,945 Triliun, terjadi kenaikan anggaran pendidikan sebesar 25 persen dari tahun 2019 lalu,” katanya, awal tahun 2020 lalu.

Baca Juga :
Zonasi Sekolah Berantakan, Gubernur Kepri Pasang Badan

Jumaga mengatakan, kenaikan anggaran di sektor tersebut merupakan komitmen pemerintah untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul di berbagai sektor. Ia menekankan pentingnya pemanfaatan anggaran tersebut yang tepat sasaran.

“Anggaran ini harus dimanfaatkan maksimal untuk kemajuan sektor pendidikan di Kepri,” kata dia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengatakan, kenaikan alokasi anggaran pendidikan tahun 2020 merupakan komitmen pemerintah Provinsi Kepri untuk meningkatkan pendidikan di Provinsi Kepri.

Menurutnya, kenaikan anggaran yang ada akan dimanfaatkan untuk membangun beberapa Ruang Kelas Baru (RKB) dan beberapa gedung sekolah baru di beberapa wilayah Kepri.

*****

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here