Home Nusantara Pemkot Blitar Terus Upayakan Tingkatkan Produktivitas UMKM

Pemkot Blitar Terus Upayakan Tingkatkan Produktivitas UMKM

55
Wali Kota Blitar Santoso foto bersama OPD terkait dan para anggota Pokdakan, di Balai Pokdadan, Kelurahan Bendo, Kepanjen Kidul, Kota Blitar, Kamis (17/6/2021). Foto: achamd/barakata.id
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Blitar. Upaya itu untuk terus mendorong agar UMKM lebih produktif lagi dalam menjalankan usahanya.

“Bentuk upaya yang dilakukan kepada para pelaku UMKM dengan selalu berkoordinasi dengan dinas terkait dalam rangka memfasilitasi untuk kedepannya,” kata Wali Kota Blitar, Santoso saat menghadiri acara Peduli Usaha Mikro pada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Razka Tirta Mbah Bendo, Kamis (17/6/2021).


Pemberian fasilitas itu, kata Santoso, dengan cara melakukan pemberian modal, dan melakukan pembinaan yang dilakukan secara rutin. Dengan begitu setiap UMKM mampu memaksimalkan setiap potensi yang dimiliki.

Santoso mencontohkan, apa yang telah dilakukan oleh Pokdakan Razka Tirta Mbah Bendo dengan cara melakukan bentuk usaha di bidang perikanan merupakan langkah yang baik. Pokdakan itu sendiri, untuk saat ini melakukan pembudidayaan ikan hias dan ikan konsumsi.

Baca Juga :

“Mudah-mudahan nanti hasilnya (hasil budidaya ikan) ketika panen itu hasilnya lumayan, sehingga nanti bisa berhasil. Kemudian bisa disebarkan ke seluruh masyarakat terutama masyarakat Kelurahan Bendo,” jelas Santoso.

Oleh karena itu, menurut Santoso, semua elemen masyarakat harus bergerak bersama-sama untuk memaksimalkan potensi UMKM ini. Nantinya pada saat tahap pemasaran juga akan berjalan secara maksimal.

“Harapan saya khususnya pada Pokdakan. Mari kita serius dalam menangani kegiatan ini. Ketika punya program harus bagaimana bisa berhasil, terus juga bagaimana dapat ditangani secara serius,” pungkas Wali Kota Blitar ini.

Sementara itu Ketua Pokdakan Razka Tirta Mbah Bendo, Dwi Handoko mengharapkan kedepannya harus ada peranan yang diberikan oleh pemerintah daerah Kota Blitar. Menurutnya, UMKM di Kota Blitar tidak akan bisa berjalan dengan maksimal tanpa ada sumbangsih yang diberikan Pemkot Blitar.

“Alhamdulillah ini tadi ada beberapa dinas terkait yang ikut datang ke sini, kami juga sempat berdialog terkait dengan UMKM yang ada di Kota Blitar saat ini,” ungkap Dwi Handoko.

Dwi Handoko menjelaskan apa yang dilakukannya saat ini dengan menggiatkan UMKM dan menggandeng masyarakat semata-mata hanya untuk kemajuan Kota Blitar. Selain itu juga untuk menyejahterakan masyarakat di daerah tempat tinggalnya.

“Setelah acara ini, semoga kedepannya Kota Blitar bisa menyediakan pasar untuk industri UMKM lokal, dan menyediakan pasar ekspor bagi pelaku UMKM, agar Kota Blitar semakin maju,” pungkasnya.(adv/humas).

Reporter : Achmad Zunaidi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin