Home Kepulauan Riau Batam

Pemko Batam Sebar 35 Ekor Hewan Kurban di Sejumlah Masjid

68
Ilustrasi. Tahun ini Pemko Batam menyebar 35 hewan kurban di sejumlah masjid. (F: Barakata.id/Yuri B Trisna)

Barakata.id- Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan membagikan 35 ekor hewan kurban. Hewan-hewan itu akan dibagikan ke sejumlah masjid yang ada di Batam.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi secara pribadi juga akan melaksanakan kurban. Rudi berkurban di Masjid Agung Batam Centre.

“Kurban saya ada. Ada juga yang Pemko sebarkan ke beberapa titik,” tutur Rudi ketika ditemui di Dataran Engku Putri Batam Centre, Kamis (30/7) dikutip dari media center.

Baca Juga:
18.500 Hewan Kurban Diperkirakan Masuk Batam, Sapi Bali Wajib Tes PCR

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad juga akan berkurban secara pribadi. Hewan kurbannya akan diserahkan ke Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

Dibandingkan tahun lalu, tahun ini jumlah hewan kurban se-Kota Batam menurun, Pada Idul Adha 1440 H (tahun lalu) jumlah kurban yang terdata sebanyak 3.927 ekor. Sementara untuk Idul Adha 1441 H (tahun ini) jumlahnya 3.286 ekor.

“Jumlah tersebut terdiri dari 2.228 ekor kambing dan 1.058 ekor sapi,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkaranain Umar.

Menurut dia, penurunan jumlah hewan kurban itu sudah diperkirakan. Mengingat kondisi saat ini yang serba sulit di bidang ekonomi.

Baca Juga:
Syarat Kurban Idul Adha di Batam, Panitia Dibatasi, Petugas Harus Pakai APD

“Tapi alhamdulillah masih lebih banyak dibanding 2018, masih di atas 3.000 ekor,” kata dia.

Pada Idul Adha 1439 H (2018) lalu jumlah hewan kurban di Batam sebanyak 2.768 ekor. Jumlah itu naik signifikan di tahun 2019. Kemudian jumlah itu berkurang lagi di tahun ini. Tapi secara angka, tahun ini masih cukup banyak.

Zulkranain menyebut hal itu membuktikan semangat umat muslin di Batam untuk berkurban sangat baik.

“Di tengah kondisi yang serba sulit seperti sekarang, masih banyak yang melaksanakan kurban,” tuturnya.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin