Home Kepulauan Riau

Pemko Batam Gelar Lomba Mobil Hias Saat Pawai Takbiran

78
Pawai mobil hias menyemarakkan malam takbiran Idul Fitri di Kota Batam tahun lalu. Hari Raya Idul Adha tahun ini, Pemko Batam kembali menggelar pawai takbir yang diperlombakan dan akan dilaksanakan Sabtu (10/8/19) malam. (F: Istimewa)

Batam – Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan menggelar pawai takbiran di malam Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Selasa (4/6/19) malam. Pawai itu juga akan disemarakkan dengan lomba mobil hias.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Efrius mengatakan, pawai takbiran itu menandai berakhirnya bulan suci Ramadan tahun ini.

“Kami mengajak elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam pawai takbir dan lomba mobil hias itu. Ini dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah,” kata Efrius di Batam, Senin (3/6/19).

Selain peserta umum, Efrius memastikan pawai mobil hias di malam takbiran juga akan diramaikan oleh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD), instansi vertikal, TNI dan Polri, kecamatan, kelurahan dan masjid yang ada di Batam.

Untuk lomba mobil hias, lanjut Efrius, peserta diminta mengikuti sejumlah ketentuan yang sudah disusun pihak penyelenggara. Di antaranya, kendaraan yang digunakan maksimal truk roda 6, tinggi tak boleh melebihi 4 meter, dan menampilkan logo instansi/lembaga/organisasi lengkap dengan slogannya.

Untuk penilaian, lanjut Efrius, masing-masing peserta pawai akan dinilai dari sisi suara takbir, lafaz, kekompakan, dan kesesuaian dekorasi dengan tema.

Adapun rute yang akan dilalui peserta pawai adalah, dimulai dari kawasan pertokoan Palm Spring, jalan layang Laluan Madani, Simpang Indo Mobil, Polsek Lubukbaja, Simpang Martabak Har, Simpang MCdonald, Simpang Hotel Pacific, Harbour Bay kemudian Simpang Polsek Batuampar.

Selanjutnya, peserta pawai akan melalui Simpang Kodim 0316 Seraya, Simpang Kuda, Simpang BNI, Bundaran Madani dan finish kawasan Masjid Agung, Batam Centre.

Baca Juga :1 Syawal 1440 H Ditetapkan Hari Rabu, 5 Juni 2019

Sebelumnya, pemerintah sudah menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019. Keputusan itu merupakan hasil sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Senin (3/6/19) malam.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, pantauan dari 34 provinsi di Indonesia, tidak ada satupun yang melaporkan sudah melihat Hilal pada Senin (3/6/19). Pantauan Hilal dilakukan dari Aceh, Bali, Makassar, hingga Papua.

Dengan demikian, bulan Ramadan tahun ini akan genap menjadi 30 hari, dengan akhir Ramadan pada Selasa (4/6/19).

“Berdasarkan hasil sidang tadi, tanggal 1 Syawal ditetapkan pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019,” kata Lukman saat jumpa pers setelah sidang isbat.

Lukman mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadikan momentum Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah sebagai perekat persatuan dan kesatuan umat, serta kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

“Semoga Allah SWT menjadikan kita semua ke dalam golongan orang-orang yang bersyukur, dan melindungi bangsa Indonesia dari hal-hal yang bisa mengganggu persatuan,” ujarnya

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin