Pemko Batam Akan Bentuk Forum Satu Data

38
Rapat persiapan pembentukan Forum Satu Data Batam di kantor Wali Kota Batam, Kamis (1/8/19). (F: Diskominfo Batam)

Barakata.id, Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Kepulauan Riau (Kepri) sedang menyusun pembentukan “Forum Satu Data Batam”. Forum ini akan menyediakan data-data yang akurat dan mutakhir serta bisa dipertanggungjawabkan untuk pelaksanaan dan evaluasi pembangunan di Batam.

Forum Satu Data Batam ini akan diisi oleh beberapa unsur atau lembaga di antaranya, Badan Pusat Statistik (BPS) Batam, Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan (Barenlitbang) Batam, dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam. Formasinya, BPS bertindak sebagai pembina, Barenlitbang sebagai ketua, dan Kominfo sebagai walidata.

Baca Juga : 18 Ribu Warga Batam Daftar Sambung Jaringan Gas PGN

Formasi itu akan didukung dan diperkuat oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Batam yang dalam forum ini bertugas menjadi sumber atau pemasok data.

Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan, Perencanaan Program, Evaluasi dan Pelaporan Barenlitbang Batam, Tri Wahyu Rubianto mengatakan, Forum Satu Data ini merupakan amanah Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Pembentukan forum ini nantinya akan dikuatkan dengan Peraturan Wali Kota Batam.

Wahyu mengatakan, melalui forum ini diharapkan dapat tersedia data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses serta dibagipakaikan. Data-data yang tersedia di antaranya, data kependudukan, perikanan, usaha mikro kecil menengah, pariwisata, dan lainnya.

“Ke depan, diharapkan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan di Batam bisa berbasis data yang akurat,” katanya dalam rapat persiapan pembentukan Forum Satu Data Batam, Kamis (1/8/19) lalu.

Baca Juga : HUT Ke-74 RI, Pemko Batam Gelar Lomba Gapura Hias

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfo Batam, Desman Wardi mengatakan, pihaknya siap mendukung pembentukan Forum Satu Data Batam ini.

“Kominfo siap mendukung dan mengembangkan portal satu data Batam dengan sistem host to host dan integrasi sistem. Sehingga memudahkan kerja produsen data. Dan mempercepat proses interoperabilitas data bagi pengguna yang akan didukung sepenuhnya oleh tim teknis di Dinas Kominfo,” kata dia.

Hal senada juga disampaikan Kepala BPS Batam, Rahyudin. BPS kata dia, siap membina dan mensukseskan program pemerintah pusat ini dengan membekali produsen data terkait metadata dan pembuatan infografis.

“Agar data yang dihasilkan jadi lebih menarik dan sesuai dengan kaidah NSPK yaitu norma, standar, prosedur, dan kriteria,” katanya.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini