Home Kepulauan Riau Batam

Pemko Akan Goro Massal di Titik Terdampak Cuaca Ekstrem

42
Goro Massal
Pemko Batam menurunkan alat berat untuk menanggulangi dampak cuaca ekstrem seperti banjir dan tanah longsor di beberapa titik yang tak dapat dijangkau secara manual. (F: Ist)

Barakata.id- Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan menggelar gotong royong (goro) massal di titik-titik yang terdampak cuaca ekstrem. Goro massal itu akan digelar Sabtu (9/1/21) mendatang.

Sekretaris Daerah Jefridin Hamid mengatakan, goro itu akan dilakukan secara serentak di sembilan kecamatan yang ada di Batam.

Baca Juga:
Banjir Jadi Prioritas, Dana Darurat APBD 2021 Bakal Dipakai

“Setiap kecamatan maksimal 100 personel. Semua unsur ada di situ, termasuk TNI dan Polri,” ujarnya, Selasa (5/1/21).

Goro itu merupakan salah satu hasil rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Batam serta camat se- Batam, Senin (4/1/21) lalu.

Jefridin mengatakan, kegiatan yang melibatkan 100 personel ini merupakan kegiatan tingkat kota. Setiap kecamatan juga diminta menggelar kegiatan sendiri yang melibatkan masyarakat.

“Titik lain yang juga perlu goro massal kami serahkan ke kecamatan masing-masing yang mengatur,” ujarnya.

Untuk menanggulangi dampak cuaca ekstrem seperti banjir dan tanah longsor, Pemko Batam juga telah menurunkan alat berat. Khususnya pada titik-titik yang tak bisa ditangani secara manual.

“Alat berat dari Dinas Bina Marga telah dikerahkan sejak tanggal 2 Desember lalu hingga saat ini,” ujar Jefridin.

Keterbatasan alat membuat beberapa lokasi diprioritaskan, seperti dekat flyover Laluan Madani depan Kantor Kanwil Pajak dan beberapa titik lain.

Baca Juga:
Banjir di Sejumlah Titik, Ini yang akan Dilakukan Wali Kota Batam

Untuk mengantisipasi jangka panjang terkait banjir di Batam, Wali Kota Batam Muhammad Rudi juga telah menyatakan akan memperlebar drainase.

Kebanyakan drainase yang ada di Batam tak cukup menampung debit air dari curah hujan yang terus menerus. Selain itu beberapa drainase juga tersumbat karena tumpukan sampah.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin