Home Warta Nusantara

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Mulai Senin, 6 Mei 2019

46
Salat tarawih di Masjid Agung Batam pada Ramadan 2018 lalu. (F: Agus Bagjana/Posmetro)

Jakarta – Pemerintah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1440 Hijriah dimulai pada hari Senin, 6 Mei 2019. Penetapan itu berdasarkan hasil sidang isbat.

Sidang isbat dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/19) mulai pukul 18.50 WIB, yang dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

Sebelum sidang dimulai, Menag Lukman lebih dulu mendengarkan pemaparan posisi hilal dari 34 provinsi. Sidang dilakukan tertutup, diikuti sejumlah tokoh agama dan organisasi keagamaan seperti PBNU, PP Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher dan Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar.

Hadir pula Duta Besar negara-negara sahabat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kemudian, terlihat juha Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Hasil sidang tersebut kemudian disampaikan Menag Lukman dalam jumpa pers usai sidang.

“Sidang isbat tercapai kesepakatan bahwa awal Ramadan jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019. Mewakili pemerintah, saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadan 1440 Hijriah,” katanya.

Tarawih Malam Pertama

Selepas pengumuman pemerintah itu, seluruh umat muslim pun berbondong-bondong menjalankan ibadah salat tarawih malam pertama yang digelar setelah salat fardhu isya.

Pantauan di lapangan, masjid-masjid di Kota Batam pun tampak penuh oleh warga yang ingin menunaikan salat fardhu dan salat tarawih. Di Masjid Agung Batam, jamaah sudah memadati masjid sebelum azan salat maghrib berkumandang.

Begitu pula masjid-masjid yang berada di kompleks perumahan. Di Masjid Jabal Nur, Perumahan BSI Residence, Kelurahan Belian, Batam Kota misalnya.

Ratusan warga tampak antusias menunaikan salat isya dan tarawih. Orang-orang dewasa dan anak-anak merasa gembira menyambut datangnya Ramadan, bulan penuh berkah.

“Alhamdulillah, senang sekali bisa bertemu Ramadan lagi. Tadi baru saja menunaikan salat tarawih berjamaah, masjid penuh. Mudah-mudahan berkah,” kata Ketua RW 031, Pian Ansori ditemui di Masjid Jabal Nur.

Selesai salat tarawih berjamaah, sebagian jamaah melanjutkan dengan tadarusan membaca Alquran. Menurut Pian, pengurus masjid di perumahan itu sudah menyiapkan berbagai kegiatan keagamaan selama bulan Ramadan.

Selain rutin tadarusan malam usai salat tarawih berjamaah, pada waktu subuh akan diisi dengan siraman rohani. Bagi anak-anak pun bakal ada pesantren kilat.

“Cukup banyak kegiatan yang akan dilaksanakan selama Ramadan ini. Bapak-bapak, ibu-ibu majelis taklim dan anak-anak, semua kita libatkan dalam kegiatan tersebut,” ujarnya.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin