Home Nusantara Pemdes Pojok Kabupaten Blitar Cairkan BLT DD Tahap IV Untuk 111 KPM

Pemdes Pojok Kabupaten Blitar Cairkan BLT DD Tahap IV Untuk 111 KPM

Kepala Desa Pojok bersama Forkopimcam Garum-min
Kepala Desa Pojok bersama Forkopimcam Garum secara simbolis membagikan BLT DD tahap IV tahun 2022 sebanyak 111 KPM. (foto : istimewa)
DPRD Batam

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Pemerintah Desa (Pemdes) Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, Jawa Timur menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap IV (empat) tahun 2022 kepada 111 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), pada Rabu (13/4/2022).

Dilaksanakan di balai desa setempat dengan menerapkan protokol kesehatan, BLT DD ini adalah salah satu upaya pemerintah pusat untuk membantu masyarakat dalam meringankan beban hidup keluarga dan pemulihan ekonomi dimasa pandemi Covid-19.

artikel perempuan

Baca juga : Pemdes Kemloko Gelar Pilkades PAW, Bupati Blitar Berharap Ada Peningkatan PAdes oleh Kades Baru Ini

Dikesempatannya, Tarwiyah selaku kepala Desa Pojok berharap agar bantuan tersebut nantinya supaya dapat dipergunakan dengan baik dan dibelanjakan sesuai peruntukannya.

“Jadi saya ingatkan untuk penerima BLT DD mempergunakan uangnya sebagaimana mestinya, apa lagi sebentar lagi hari raya Idhul Fitri,” ujarnya dihadapan para KPM Desa Pojok.

Selanjutnya Tarwiyah menyebut, dari total penerimaan dana desa sebesar Rp991.129.000, sesuai peraturan, yang 40 persennya atau sebesar Rp399.600.000 wajib dipergunakan untuk program BLT DD. Sehingga, masing-masing KPM nanti mendapat jatah sebesar Rp300.000 per kepala keluarga.

Baca juga : Maksimalkan Herd Imunity Warga, Pemdes Tuliskriyo di Blitar Gelar Vaksinasi Dosis Dua.

Disamping itu, kata Tarwiyah, penerima BLT DD ini adalah masyarakat yang benar-benar kehidupannya sangat sulit terutama para Janda dan Lansia, sehingga sesuai hasil verifikasi data dari RT diputuskan 111 KPM itu layak menerima bantuan.

“Tambah lagi, BLT DD ini diperuntukan bagi KPM yang belum pernah menerima bantuan berupa apapun dari pemerintah daerah, provinsi, maupun pusat selama pandemi Covid-19,” pungkasnya. (adv/jun)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.