Home Kepulauan Riau

Pelni Tambah Kapal dan Jadwal Angkut Pemudik di Batam

276
Ilustrasi. Kapal Pelni masih menjadi pilihan masyarakat untuk pulang kampung saat musim mudik. (F: IST)

Barakata.id, Batam – PT Pelni (Persero) menambah armada kapal dan jadwal pelayaran untuk melayani angkutan musim mudik Natal 2029 dan Tahun Baru 2020. Penambahan kapal dan jadwal itu untuk rute Tanjungpriok-Tanjungbalai Karimun-Batam-Belawan.

Jika sebelumnya hanya ada KM Kelud yang melayani rute itu, pada musim libur atau mudik tahun ini, Pelni menambah satu kapal lagi yakni KM Dorolonda. Hal itu dilakukan untuk menghadapi menghadapi lonjakan penumpang.

KM Dorolonda selama ini melayani pelayaran rute wilayah Indonesia timur, mulai Tanjungpriok hingga pelabuhan terjauh di Bitung, Manado, Sulawesi Utara.

Baca Juga : 94 Kapal Siap Layani Mudik Natal dan Tahun Baru

Corporate Secretary PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro mengatakan, rute Batam-Belawan merupakan pelayaran terpadat di wilayah Indonesia barat. Karena itu, Pelni menambah satu kapal lagi setelah KM Kelud.

“Mengantisipasi melonjaknya penumpang Batam arah Belawan menjelang Natal, Pelni menambah satu armada dan jadwal pelayaran,” katanya dikutip Antara, Selasa (17/12/19).

Yahya mengatakan, khusus untuk KM Kelud akan dioperasikan tiga kali pulang pergi yaitu pada tanggal 19, 21 dan 23 Desember 2019.

Pada musim libur Natal 2019, Pelni juga sudah mendapat izin Kementerian Perhubungan untuk menambah kapasitas tempat duduk terpasang di seluruh kapalnya. Untuk KM Kelud, kata Yahya, penumpang yang diangkut dapat mencapai 3.865 penumpang dari kapasitas 2.607 penumpang.

Penambahan kapasitas tempat duduk penumpang itu hanya diberlakukan untuk musim Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Setelah itu, Pelni akan mengembalikannya kepada aturan semula yaitu satu orang satu tempat duduk.

Cegah calo tiket

Sementara itu, PT Pelni juga sudah menggandeng kepolisian di Batam untuk mencegah praktik tiket calo selama musim Natal dan Tahun Baru. Pada Jumat (13/12/19) lalu, jajaran Polresta Barelang mengamankan dua orang calo tiket.

Baca Juga : Pemudik Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Pesan Tiket Pelni

Yahya mengatakan, pihaknya juga mengingatkan dan mengimbau kepada para calon penumpang agar tidak membeli tiket melalui calo.

“Belilah tiket kapal melalui saluran resmi. Kalau ada yang melihat praktik percaloan tiket kami minta agar melaporkannya kepada petugas,” imbaunya.

Untuk mencegah kehabisan tiket, Yahya menyarankan calon penumpang agar merencanakan perjalanan sejak jauh hari.

Pembelian tiket Pelni, dapat dilakukan di website resmi www.pelni.co.id, aplikasi Pelni Mobileapps, Contact Center 162, loket dan agar perjalanan serta seluruh Alfamart dan Indomaret di Indonesia.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin