Home Kepulauan Riau Batam

Pelabuhan Pelni Dipastikan Pindah ke Sekupang

245
Ilustrasi. Kapal Pelni masih menjadi pilihan masyarakat untuk pulang kampung saat musim mudik. (F: IST)

Barakata.id, Batam – Pelabuhan kapal Pelni yang kini berada di Pelabuhan Batuampar dipastikan akan pindah ke Pelabuhan Sekupang. Pemindahan terminal penumpang Pelni itu untuk memberi keamanan dan kenyamanan bagi penumpang.

“Pasti akan dipindah ke sana (Sekupang), tinggal menunggu waktu saja,” kata Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi di Batam, kemarin.

Meski demikian, Rudi belum bisa memberi kepastian waktu kapan terminal penumpang Pelni itu dipindahkan ke Pelabuhan Sekupang.

Baca Juga :
Menhub: Perbaiki Pelabuhan Batuampar atau Pelni Kembali ke Sekupang

Menurut dia, sebelum dipindahkan, pemerintah ingin memastikan kondisi Pelabuhan Sekupang sudah benar-benar siap. Ia tidak ingin pemindahan dilakukan tergesa-gesa.

“Kita pastikan dulu di sana (Pelabuhan Sekupang) sudah siap. Jadi nanti masyarakat atau calon penumpang Pelni benar-benar merasa aman dan nyaman,” kata dia.

Saat ini, pemerintah memang sedang membenahi Pelabuhan Pelni di Sekupang, terutama di bagian ruang tunggu yang selama ini tidak memadai.

Sejak terminal penumpang Pelni dipindahkan dari Sekupang ke Batuampar, tempat itu sempat dijadikan gudang logistik KPU. Karena itu, Rudi ingin sarana dan prasarana di Pelabuhan Sekupang itu benar-benar disiapkan supaya masyarakat mendapatkan kenyamanan.

Selain fasilitas untuk penumpang, pemerintah juga tengah mempersiapkan pendalaman alur di sekitar Pelabuhan Sekupang untuk jalur kapal besar seperti milik Pelni.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi

Rudi menegaskan, pemindahan Pelabuhan Pelni ke Sekupang juga untuk menegaskan bahwa Pelabuhan Batuampar hanya akan melayani kargo nasional dan internasional saja, bukan kapal penumpang.

Baca Juga :
Pelni Tambah Kapal dan Jadwal Angkut Pemudik di Batam

Pemindahan Pelabuhan Pelni dari Pelabuhan Batuampar ke Pelabuhan Sekupang sebelumnya juga pernah disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya saat meninjau arus mudik Lebaran di Pelabuhan Batuampar, 25 Mei 2019.

Saat berbincang dengan beberapa penumpang KM Dorolonda, Budi menerima banyak saran agar Pelni dikembalikan ke Pelabuhan Sekupang. Menurutnya, hal itu akan menjadi bahan evaluasi.

“Kita evaluasi usulan mereka (penumpang). Jangka panjangnya bisa dikembalikan ke sana (Sekupang), diperbaiki dulu yang di sana. Untuk jangka pendeknya, yang di sini (Batuampar) dibenahi, tambah tenda dan posko kesehatan,” ujar Budi.

Untuk diketahui, pemindahan terminal Pelni dari Pelabuhan Sekupang ke Batuampar dilakukan pada tahun 2016. Menteri Perhubungan saat itu, Ignatius Jonan menilai pelabuhan di Sekupang “sangat tidak layak untuk menampung ribuan penumpang kapal Pelni.”

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin