Home Kepulauan Riau Batam

Pasien Positif Covid-19 Batam Tambah Dua, Pekerja Kapal dan Pabrik Plastik

520
Wali Kota Batam
Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi

Barakata.id, Batam – Pasien positif Covid-19 di Kota Batam bertambah dua orang, Rabu (1/7/20). Mereka adalah pelaut dan pekerja pabrik plastik yang kini tercatat sebagai kasus nomor 228 dan 229.

Dengan tambahan dua pasien ini, maka jumlah kasus positif terpapar virus corona di Batam totalnya menjadi 229 orang.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, tambahan dua kasus positif ini merupakan hasil tes swap oleh tim analisis BTKLPP Batam.

“Data ini berdasarkan temuan kasus baru warga yang memeriksakan diri secara mandiri serta hasil ‘contact tracing’ terhadap kasus sebelumnya,” katanya dalam siaran pers yang diterima barakata.id, Rabu (1/7/20) sore.

Baca Juga :
Pasien Positif Covid-19 di Batam Tambah 7 Orang, 3 Warga Pendatang

Berikut data kedua pasien baru tersebut:

1. Pasien kasus nomor 228.

Ia adalah pelaut atau kru kapal yang melakukan tes cepat atau rapid test secara mandiri untuk memenuhi persyaratan penerbangan ke Jakarta. Hasil tes cepat menunjukkan ia Reaktif Covid-19.

Selanjutnya, Puskesmas Batuaji, Batam melakukan pengambilan sampel swap tenggorokan. Hasilnya diketahui hari ini dengan kesimpulan Positif Covid-19.

2. Pasien kasus nomor 229.

Ia adalah karyawan perusahaan plastik di Kawasan Industri Kabil. Hasil penelusuran, pasien ini merupakan abang kandung dari pasien positif kasus nomor 215, serta rekan sekerja dari pasien positif kasus nomor 204.

Baca Juga :
17 Pasien Covid-19 Batam Sembuh: Ada Turis, Dokter dan Penjual Jamu

Rudi mengatakan, kondisi kedua pasien baru ini stabil dan tidak merasakan gangguan kesehatan yang berarti. Saat ini keduanya sedang dalam persiapan perawatan isolasi/karantina di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) di Galang, Batam.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Batam, per 1 Juli 2020 tercatat 229 warga Batam terkonfirmasi positif Covid-19. Dari jumlah itu, 179 orang sudah dinyatakan sembuh, 12 meninggal, dan 38 pasien masih dirawat.

Rudi mengingatkan warga Batam agar jangan lengah, dan tetap menjaga kesehatan.

“Tetap gunakan masker jika beraktivitas di luar rumah, jaga jarak, olahraga, dan rajin mencuci tangan,” kata Wali Kota Batam itu.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin