Pasien Covid-19 Batam Tambah 6 Orang: Polisi, IRT dan Pelajar

Covid-19 Batam
Grafik Covid-19 Kota Batam. (Sumber: Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam)

3. Kasus nomor 286

Perempuan berinisial R, usia 60 tahun, IRT, beralamat sementara di kawasan perumahan Melchem Warna warni Sei Tering Batuampar, Kelurahan Tanjung Sengkuang, Kecamatan Batuampar.

Pasien ini merupakan warga Kota Medan yang berkunjung ke rumah saudaranya di Batam. Sehubungan rencana keberangkatannya kembali ke Medan menggunakan pesawat udara, ia pada tanggal 25 Juli 2020 melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri di Klinik Baloi BP Batam yang hasilnya diperoleh IgG, IgM Reaktif.

Karena memiliki keluhan batuk kering selanjutnya, pasien ini dengan inisiatif sendiri hari itu juga pergi memeriksakan diri ke RSBP Batam. Kemudian oleh dokter pemeriksa dilakukan pemeriksaan intensif berupa pemeriksaan
Laboratorium secara lengkap disertai pemeriksaan Rontgen Thorax dengan hasil
Cardiomegali dan Bronkopneumonis kanan.

Terkait dengan hasil pemeriksaan tersebut kemudian pasien diharuskan melakukan perawatan di ruang RSBP Batam. Selanjutnya, pada tanggal 27 Juli 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada 29 Juli 2020 dengan kesimpulan Positif Covid-19.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam perawatan di ruang isolasi/karantina RSBP Batam Kota Batam

Baca Juga :
Sejumlah Dosen Positif Covid-19, Kampus USU Lockdown

4. Kasus nomor 287

Laki-laki berinisial RZ, usia 23 tahun, PHL Polresta Barelang, beralamat di kawasan perumahan Batu Merah Kelurahan Batu Merah Kecamatan Batuampar.

Sehubungan penyelidikan Epidemiologi (PE) Contact Tracing terhadap closes contact/kontak erat terhadap pasien kasus nomor 283 (Tuan EE) yang saat ini masih dalam perawatan di RS Awal Bross Batam, maka pada tanggal
27 Juli 2020 pasien ini bersama rekan sekerjanya yang lain melakukan pemeriksaan dan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada 29 Juli 2020 dengan kesimpulan Positif Covid-19.

Sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti. Saat ini pasien telah dievakuasi dan ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang.

Baca Juga :
41 Anak di Kepri Terinfeksi Covid-19, 35 Sembuh

5. Kasus nomor 288

Perempuan berinisial PH, usia 49 tahun, anggota Polri/Polwan, beralamat di kawasan perumahan Anggrek Mas 3 Batam Centre, Kelurahan Taman Baloi Kecamatan Batam Kota. Pasien ini merupakan istri dari pasien kasus nomor 283 (Tuan EE) yang saat ini masih dalam perawatan di RS Awal Bross Batam.

Pada tanggal 27 Juli 2020, ia bersama anaknya melakukan pemeriksaan dan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada 29 Juli 2020 dengan kesimpulan Positif Covid-19.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti. Kini ia telah dilakukan perawatan di ruang isolasi/karantina RS Awal Bross Batam.

6. Kasus nomor 289

Laki-laki berinisial PB, usia 15 tahun, pelajar. Ia adalah anak dari pasien kasus nomor 283 dan kasus nomor 288.

Pada tanggal 27 Juli 2020, ia bersama ibunya melakukan pemeriksaan dan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada 29 Juli 2020 dengan kesimpulan Positif Covid-19. Sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti. Ia kini dirawat di ruang isolasi/karantina RS Awal Bross Batam.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh kluster positif corona, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 di Batam.

Karena itu, Rudi mengimbay kepada seluruh masyarakat Batam agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menekan laju pertumbuhan virus corona.

“Tetap waspada dan menjaga kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup,” katanya.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin