Home Kepulauan Riau Batam

Pasien Covid-19 Batam Tambah 6 Orang: Polisi, IRT dan Pelajar

1269
Covid-19 Batam
Grafik Covid-19 Kota Batam. (Sumber: Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam)

Barakata.id, Batam – Penularan virus corona (Covid-19) di Kota Batam belum berhenti. Pasien positif Covid-19 di Batam bertambah 6 orang pada Rabu, 29 Juli 2020.

Berdasarkan siaran pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, keenam pasien baru itu terdiri dari satu orang perempuan pendatang, dua perempuan warga Batam dan tiga orang laki-laki warga Batam. Mereka kini tercatat sebagai pasien kasus nomor 284, 285, 286, 287, 288, dan 289.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam. Berikut riwayat perjalanan penyakit keenam oran pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu:

Baca Juga :
Dua Anggota Polri Positif COVID-19 di Batam

1. Kasus nomor 284

Laki-laki berinisial MS, usia 47 tahun, swasta, beralamat di kawasan perumahan Taman Lestari, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batuaji.

Pada tanggal 25 Juli 2020, datang berobat ke IGD RSUD Embung Fatimah sesuai rujukan RS Graha Hermine dengan keluhan demam sejak 10 hari nyang lalu, terutama pada malam hari berkeringat dingin dan menggigil. Pasien ini mengaku memiliki riwayat penyakit TB Paru dengan telah melaksanakan treatmen pengobatan selama dua tahun yang sudah selesai.

Kemudian oleh dokter pemeriksa dilakukan pemeriksaan secara intensif berupa pemeriksaan Laboratorium secara lengkap dan RDT yang hasilnya diperoleh Non Reaktif, disertai pemeriksaan Rontgen Thorax dengan hasil Pneumonia + Cardiomegali.

Pasien ini selanjutnya diharuskan melakukan perawatan di ruang isolasi Tun Sundari. Pada tanggal 27 Juli 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada 29 Juli 2020 dengan kesimpulan Positif Covid-19.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam perawatan di ruang isolasi/karantina Tun Sundari RSUD Embung Fatimah Batam.

Baca Juga :
COVID-19: Pasien di Kepri Tinggal 23 Orang

2. Kasus nomor 285

Perempuan berinisial S, usia 48 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Pondok Graha Kelurahan Duriangkang Kecamatan Sungai Beduk.

Pada tanggal 25 Juli 2020 memeriksakan dirinya ke Puskesmas Sungai Pancur dengan keluhan sedikit demam dan batuk sejak beberapa hari sebelumnya. Sesuai dengan keluhan tersebut, dokter melakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya “IgG-IgM Reaktif”.

Selanjutnya diedukasi untuk melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya sambil menunggu pemeriksaan swab yang telah dijadwalkan. Kemudian pada tanggal 27 – 28 Juli 2020 bertempat di RSUD Embung Fatimah Batam kepada yang bersangkutan berturut-turut dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang pertama dan kedua.

Hasil pemeriksaan swab pertama diketahui pada hari ini dengan kesimpulan Positif Covid-19. Sedangkan hasil pemeriksaan swab tenggorokan yang kedua masih dalam proses pemeriksaan.

Sejauh ini kondisi pasien dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti. Saat ini pasien telah dievakuasi dan ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang.

3. Kasus nomor 286

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin