Home Kepulauan Riau Batam Pasar Induk Jodoh Batam Akan Dibangun Lima Lantai

Pasar Induk Jodoh Batam Akan Dibangun Lima Lantai

87
Pasar Induk Jodoh Batam
Petugas mengawal proses pembongkaran Pasar Induk Jodoh, Batam, Senin (26/7/21). (F: ariranews)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Batam – Pemerintah akan membangun Pasar Induk Jodoh Kota Batam dengan lima lantai. Pasar tersebut nantinya akan ditempati sekitar 1.800-an pedagang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau mengatakan, untuk membangun ulang pasar tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat, dan kontraktornya pemenang tender juga sudah ditetapkan. Kegiatan pembangunan akan dimulai awal tahun 2022.


“Tahun depan akan langsung dimulai pembangunan dan selesai dalam jangka waktu dua tahun. Jika tak dibersihkan kapan lagi mau dibangun,” kata dia, Senin (26/7/21).

BACA JUGA : Ada yang Meninggal Saat Pasar Induk Jodoh Dibongkar, Warga Emosi dan Lempari Petugas

Gustian mengatakan, ke depan Pasar Induk Jodoh akan difungsikan sebagai sentra perdagangan sembako Batam. Pasar lima lantai tersebut akan dilengkapi berbagai fasilitas termasuk masjid yang akan di tempatkan di lantai paling atas.

Setelah bangunan baru selesai, maka bakal diisi oleh para pedagang yang saat ini berjualan di kawasan Pasar Tos 3000 Jodoh, Jodoh Boulevard, dan sekitarnya. Menurut Gustian, data yang ada padanya saat ini ada sekitar 1.800-an pedagang yang nantinya bakal menempati Pasar Induk Jodoh.

Saat ini, pemerintah sudah melakukan pembongkaran dan pembersihan kawasan Pasar Induk Jodoh. Pembongkaran tersebut merupakan bagian dari revitalisasi pusat perdagangan tradisional di Batam itu.

Di lokasi yang sama akan kembali dibangun pasar dengan fasilitas yang lebih lengkap. Gustian menegaskan, setelah bangunan Pasar Induk Jodoh dibongkar dan area dibersihkan, selanjutnya pemerintah akan membangun kembali pasar rakyat yang lebih modern berlantai lima.

Pembongkaran dilakukan dengan pengawalan ratusan petugas gabungan dari Satpol PP, Ditpam BP Batam, TNI dan Polri. Sempat ada ketegangan antara petugas dengan warga yang mayoritas pedagang saat kegiatan pembongkaran itu.

BACA JUGA : Pasar Induk Batam Dirombak, Pedagang Diminta Kosongkan Lapak

Menurut Gustian Riau, bangunan Pasar Induk Jodoh itu memang sudah waktunya dibongkar. Sesuai jadwal, pembongkaran seharusnya dilaksanakan sejak bulan Maret lalu.

“Ini sudah molor dari jadwal. Makanya hari ini harus kita bongkar,” kata dia.

Terkait masih ada warga yang tinggal di lokasi, menurut dia, pihaknya sudah melayangkan surat pemberitahuan agar segera pindah karena lokasi tersebut akan dibersihkan.

“Setahun lalu seharusnya sudah kosong, tapi tetap ada yang tinggal di sana. Padahal berbahaya karena bangunan sudah tua dan rawan ambruk. Sebelum pembongkaran kali ini pun sudah kita kasih surat peringatan 1, 2, 3,” pungkas Gustian.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin