Pasar di Batam Tutup Selama 2 Minggu, Benarkah?

1066
Pasar Aviari Batuaji
Petugas Disperindag Batam melakukan sosialisasi bahwa isu penutupan pasar selama dua minggu adakah tidak benar. Disperindag juga mensosisasikan cara memutus rantai penularan virus corona di Pasar Aviari Batuaji, Senin (30/3/20). (F: Media Center Batam)

Selain meluruskan soal isu penutupan pasar, tim Disperindag juga mensosialisasikan tentang cara-cara memutus mata rantai penularan Covid-19.

Para pedagang di pasar diminta selalu menjaga kebersihan meja atau kios dagangan. Pedagang juga disarankan menggunakan masker dan sarung tangan selama berjualan.

Disperindag juga telah meminta seluruh pengelola pasar di Batam untuk menyediakan fasilitas atau sarana cuci tangan lengkap dengan sabun.

“Semua protokol untuk memutus rantai penularan virus corona ini kita sampaikan kepada pengelola pasar, pedagang maupun pengunjung atau pembeli,” kata dia.

“Jadi kami harap pengunjung juga mau mencuci tangannya baik ketika masuk maupun saat keluar dari pasar. Cuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir sesuai rekomendasi. Ini Demi kebaikan kita bersama,” sambung Zulkarnain.

Baca Juga :
Rudi: Batam Terapkan Karantina per Zona, Bukan Lockdown

Masyarakat yang berkunjung atau berbelanja di pasar juga diminta untuk mengatur jarak dengan pembeli lain atau dengan pedagang. Juga menghindari bersalaman dengan siapapun selama berada di pasar atau setiba di rumah, sebelum mencuci tangan dengan sabun.

Kepala Disperindag Batam, Gustian Riau menambahkan, dari laporan tim yang diturunkan ke lapangan, diketahui bahwa sampai sekarang pasar di Batam tetap beroperasi seperti biasa.

“Kita tak ingin masyarakat fan juga pedagang resah akibat adanya isu-isu yang tidak jelas sumber dan kebenarannya,” ujar Gustian.

Di tengah wabah corona ini, Gustian juga mengingatkan pedagang agar tidak melakukan penimbunan serta menaikkan harga di luar kewajaran. Diharapkan, dengan kondisi normal maka masyarakat tidak terpancing melakukan pembelian bahan kebutuhan berlebih atau panic buying.

Baca Juga :
Kulit Jeruk Diklaim Bisa Menangkal Virus Corona

Gustian kembali berpesan kepada masyarakat umum supaya tidak cepat menelan mentah-mentah informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Kita juga harus bisa menyaring informasi, dan jangan ikut-ikutan menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya,” pungkasnya.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin