Home Kepulauan Riau

Pak Ansar, Seniman Kepri Minta Disediakan Taman Budaya

Gedung LAM Kepri
Gedung LAM Kepri di kawasan Dompak, Tanjungpinang. (F: barakata.id/ist)
Banner Pemprov Kepri

Barakata.id, Tanjungpinang – Kalangan seniman di Provinsi Kepri meminta Gubernur Ansar Ahmad dapat menyediakan Taman Budaya. Hingga kini, Provinsi Kepri belum memiliki bangunan khusus yang diperuntukkan bagi kegiatan-kegiatan berkesenian dan kebudayaan.

Sekretaris Dewan Kesenian Kepri, Fatif Muftih mengatakan, kesanggupan Gubernur Ansar merealisasikan pembangunan gedung baru Lembaga Adat Melayu (LAM) merupakan langkah positif. Hal itu menjadi salah satu bukti bahwa Ansar Ahmad memiliki perhatian terhadap kebudayaan.

“Namun demikian, perhatian tersebut tidak bisa separuh-separuh. Semua yang bergiat di bidang kebudayaan hendaknya juga mendapatkan perhatian, termasuk teman-teman seniman,” ujar Fatih di Tanjungpinang, Selasa (20/4/21).

Advertisement

BACA JUGA : Marlin Agustina Rudi Semangati Seniman dan Pelaku Pariwisata Batam Lawan Corona

Menurut Fatih, jika perhatian Gubernur Ansar kepada LAM diwujudkan lewat pembangunan gedung yang megah dan berornamen kebesaran Melayu serta berlatar laut luas, maka perhatian kepada seniman, bisa ditunjukkan Ansar lewat penyediaan Taman Budaya.

“Kalau Pak Ansar mau cek datanya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hanya Kepri saja yang lantang menggaungkan kebudayaan, tapi tak punya Taman Budaya di provinsinya,” kata dia.

Sekretaris Dewan Kesenian Kepri, Fatih Muftih

Pembangunan gedung baru buat LAM Kepri, lanjut Fatih, hampir bisa dipastikan membutuhkan dana bermiliar-miliar rupiah, terlebih jika mengingat kemegahan yang dijanjikan. Sementara itu, pembangunan atau penyediaan Taman Budaya, menurut dia, tinggal melanjutkan kerja-kerja yang sudah dimulai oleh Pemerintah Provinsi Kepri sendiri.

Fatih pun menyinggung keberadaan gedung LAM yang ada di kawasan Dompak, Tanjungpinang. Ia menegaskan, jika memang jajaran LAM tidak mau menggunakan gedung tersebut, biarlah dimanfaatkan oleh para seniman di Kepri.

“Gedung itu punya auditorium besar. Tinggal renovasi sedikit, gedung itu bisa menjadi gedung pertunjukan terbesar di Kepri khususnya di Kota Tanjungpinang. Kan mubazir kalau dibiarkan terbengkalai,” ujar pria yang dikenal sebagai penyair ini.

Seperti yang diketahui bahwasanya visi Ansar Ahmad sebagai Gubernur Kepri hingga 2024 nanti adalah menjadikan Kepri sebagai provinsi yang makmur, berdaya saing, dan berbudaya. Menurut Fatih, kata berbudaya dalam visi itu perlu ditunaikan lebih dari sekadar pembangunan gedung LAM.

“Perlu digarisbawahi, seniman di Kepri ini tidak menolak pembangunan Gedung LAM. Kami hanya mengingatkan bahwa untuk menjadi berbudaya itu juga perlu program-program yang pro kebudayaan,” katanya.

“Sekarang, kita tengok berapa anggaran tahunan yang dialokasikan untuk kebudayaan. Dari situ kita bisa menepuk dada tanya selera,” pungkas Fatih.

Pembangunan Gedung LAM Kepri

LAM Kepri
Gubernur Ansar Ahmad bertemu dengan pengurus LAM Kepri di Tanjungpinang, Jumat (16/4/21). (F: barakata.id/ist)

Sebagai informasi, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan Pemprov Kepri sudah menyiapkan Detail Engineering Design (DED) pembangunan Gedung LAM Kepri di APBD Perubahan Tahun 2021.

“Insya Allah Gedung LAM Kepri mulai kita bangun di Anjung Cahaya pada tahun 2022. Gedung tersebut kita upayakan dibangun megah dengan berornamen kebesaran Melayu dan berlatar laut luas,” kata Ansar saat bersilaturahmi dengan pengurus LAM Kepri di Tanjungpinang, Jumat (16/4/21) lalu.

BACA JUGA : Kembangkan Potensi Sineas Lokal, Batam Bentuk Komisi Film Daerah

Dalam pertemuan itu, Ketua LAM Kepri Datok Sri Wira Utama Haji Abdul Razak AB yang didampingi para pengurus dan para datin memang menyampaikan harapannya agar Pemprov Kepri membangun Gedung LAM yang lokasinya di Anjung Cahaya, dekat Kantor Wali Kota Tanjungpinang lama.

“Saat ini kite masih pinjem gedung. Gedung LAM Kepri di Dompak saat ini digunakan untuk Kantor Dinas Kebudayaan. Untuk itu Pak Gubernur, kite minta agar dibangun gedung baru untuk LAM yang letaknya di Anjung Cahaya,” kata Abdul Razak.

Menurut dia, pihak Pemko Tanjungpinang sudah memberikan lampu hijau dan siap mendukung penyediaan lokasi di Anjung Cahaya untuk pembangunan Gedung LAM Kepri.

*****

Editor : YB Trisna

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin