Home Kepulauan Riau Batam

One Day One Thousand, Sedekah Pakai Cara Mudah

36
Kotak ODOT untuk diisi sedekah Rp1.000 per hari. (F: Ist)

Barakata.id- One Day One Thousand merupakan solusi untuk bersedekah dengan cara mudah. Caranya dengan menyisihkan Rp1.000 per hari. Program ini digagas dan telah dijalankan oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ) Batam.

Direktur LAZ Batam Syarifuddin mengatakan program ini mengajak masyarakat untuk bersedekah rutin, meskipun nilainya tidak besar. Program ini pertama kali diluncurkan April 2014 di Kampus Politeknik Batam.

“Hasil donasi atau sedekah akan dimanfaatkan untuk perjuangan para dai yang ditugaskan mendampingi masyarakat di pulau-pulau,” tuturnya, Minggu (6/9/20).

Baca Juga:
LAZ Batam Bantu Usaha Mikro hingga Rp2,5 Juta, Ini Syaratnya

Ada sepuluh pulau yang saat ini menjadi dampingan LAZ Batam. Diantaranya Pulau Air Mas, Selat Desa, Bertam, Lingka, Kampung Baru, Teluk Nipah, Legung, Panglong, Gara dan Penurun.

“Untuk Pulau Gara dan Penurun saat ini sudah mandiri,” kata Syarif.

Program ini terbuka untuk umum. Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam program ODOT bisa langsung datang ke Kantor LAZ Batam di Ruko Alexandria Blok B8 Nomor 61, Taman Baloi, Batam Kota.

“Ada formulir yang sudah disiapkan, ada nama, alamat dan nomor telepon yang mesti dicantumkan,” ujarnya.

Setelah itu pendaftar akan diberi tabung atau kotak yang bisa dibawa pulang, Tabung itulah yang akan diisi dengan Rp1.000 perhari. Tiap bulan tabung itu dibawa kembali ke LAZ Batam untuk dikeluarkan isinya. Begitu seterusnya.

“Bisa diantar sendiri, bisa juga minta dijemput sama petugas LAZ Batam,” katanya.

Baca Juga:
LAZ Batam Beri Pelatihan Tata Boga Masyarakat Tak Mampu

LAZ Batam juga menyosialisasikan program tersebut kepada Majelis Taklim Al Munawarah yang mengadakan pengajian di LAZ Batam, Sabtu (5/9/20) sore. Jamaah itu terdiri dari ibu-ibu dari Kompleks Perumahan Anggrek Sari, Batam Kota.

Selain ODOT, LAZ Batam juga mengenalkan gerakan orang tua asuh kepada para jamaah taklim. Gerakan orang tua asuh ini bertujuan untuk membantu biaya pendidikan anak-anak yatim, dhuafa secara rutin tiap bulan.

“Kami berharap program yang telah dihadikan LAZ Batam ini dapat menjadi solusi terhadap kebutuhan ummat, khususnya di kalangan dhuafa,” ucapnya.

****
Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin