Home Kepulauan Riau

Nurdin Basirun Dituntut 6 Tahun Penjara

1533
Nurdin Basirun
Gubernur Kepri nonaktif, Nurdin Basirun menerima dukungan dari kerabatnya usai sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (18/3/20). (F: Istimewa)

Barakata.id, Jakarta – Nurdin Basirun, Gubernur Kepri nonaktif dituntut hukuman 6 tahun penjara oleh Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nurdin juga terancam membayar denda Rp250 juta dan subsider 6 bulan kurungan.

“Menuntut agar majelis hakim menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Nurdin Basirun selama 6 tahun dan denda Rp250 juta subsider 6 bulan tahanan,” kata Jaksa KPK, Asri Irwan dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (18/3/20).

“Menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut,” sambung Asri Irwan.

Baca Juga :
Nurdin Basirun Tegaskan Tak Pernah Terima Uang dari Edy dan Kock Meng

Baca Juga :
Sidang Nurdin Basirun: Dua Saksi Ahli Sebut Tak Ada Penyalahgunaan Wewenang

Menurut Jaksa KPK, terdakwa terbukti menerima suap dan gratifikasi. Nurdin dianggap menerima suap Rp45 juta dan 11 ribu dolar Singapura dimana suap tersebut dimaksudkan untuk memuluskan penerbitan izin pemanfaatan ruang laut di kawasan Kepri.

Dalam pembacaan tuntutan, Jaksa KPK menyebutkan bahwa uang suap tersebut diduga diterima pada April-Juli 2019. Uang itu berasal dari dua pengusaha, Kock Meng dan Johannes Kodrat melalui seorang nelayan bernama Abu Bakar.

Selanjutnya, terima gratifikasi Rp4,2 miliar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin