Home Kepulauan Riau Natuna

Nelayan Natuna Minta Penambahan Kuota Ekspor Ikan Napoleon

52
Menteri KKP, Edhy Prabowo berdialog dengan nelayan dan pengusaha perikanan di Natuna, Selasa (7/1/20). (F: Barakata.id/Dok. KKP)

Barakata.id, Natuna – Nelayan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) meminta pemerintah menambah kuota ekspor ikan hidup jenis napoleon. Permintaan itu disampaikan langsung kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo, Selasa (7/1/20) lalu.

Edhy datang ke Natuna bersama rombongan Dirjen Kementerian Kelautan dan Perikanan. Selain bertemu dengan Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal dan jajaran, Edhy juga berkunjung ke Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat.

Di daerah yang juga dikenal sebagai “Kota Apung” tersebut, Edhy dan rombongan berdialog dengan para nelayan dan pengusaha perikanan setempat.

Baca Juga :
TNI Siaga 24 Jam di Natuna, Nelayan Tak Takut Lagi Melaut

Pada kesempatan itulah, nelayan dan pengusaha lokal menyampaikan permintaan mereka tentang penambahan kuota ekspor ikan jenis napoleon serta lobster.

“Ikan napoleon dan lobster selama ini menjadi salah satu pendapatan utama kami. Jadi kami sangat berharap pemerintah bisa menambah kuota ekspor untuk ikan hidup jenis itu,” ujar seorang nelayan.

Merespon permintaan itu, Edhy berjanji akan mengupayakannya. Ia mengatakan, tujuannya datang ke Natuna memang untuk dapat mendengarkan langsung apa yang menjadi keinginan masyarakat nelayan yang ada di salah satu daerah perbatasan.

Mantan perwira TNI AD itu menegaskan, pihaknya akan berupaya memberikan tambahan kuota ekspor terhadap ikan hidup. Menurutnya ini penting dalam rangka mewujudkan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat pesisir.

Namun, Edhy mengingatkan para nelayan dan pengusaha perikanan Natuna agar tetap menjaga dan melestarikan laut.

“Saya tidak ingin jika keran ekspor tersebut nanti ditambah kuotanya, akan menjadikan ikan jenis napoleon punah dari habitatnya,” kata dia.

Baca Juga :
Gunung Ranai Natuna, Penunjuk Arah Para Pelaut

Edhy berharap nelayan bersama dengan pemerintah bersama-sama menjaga keberlangsungan hidup ikan napoleon bernilai tinggi tersebut.

“Caranya, patuhi peraturan dan ketentuan ekspor ikan napoleon seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Usai berdialog dengan para nelayan, Edhy juga menyempatkan diri untuk memancing ikan di salah satu keramba milik pengusaha ikan asal Sedanau.

*****

Penulis : Edy Zamri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin