Home Nusantara Nekat Mudik, Denda Rp100 Juta Menunggu, Berlaku Mulai 7 Mei 2020

Nekat Mudik, Denda Rp100 Juta Menunggu, Berlaku Mulai 7 Mei 2020

Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Mudik
Pemerintah sedang menyiapkan sejumlah aturan tentang opsi pelarangan mudik selama masa pandemi corona. (F: dok. PT KAI)

Staf Ahli Hukum Menteri Perhubungan (Menhub), Umar Aris menegaskan, sanksi-sanksi dalam aturan larangan mudik telah diatur dalam Permenhub yang segera dikeluarkan.

“Kalau yang awal ini kan persuasif disuruh pulang saja, setelah tanggal 7 sampai 31 Mei 2020 akan mengikuti Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 yang sudah tertulis dalam Pasal 93 bahwa sanksi yang terberat itu adalah denda Rp100 juta dan kurungan penjara selama satu tahun. Yang perlu diingat, itu ancaman hukuman,” ujar Umar.

Mengutip Kompas.com, Senin (4/5/20), Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, untuk saat ini sanksi yang diterapkan baru sebatas meminta putar balik saja.

“Putar balik itu kan sebenarnya sudah bentuk sanksi. Nah, untuk sanksi yang denda Rp100 juta itu ada kriterianya,” kata dia.

Baca Juga :
Dilarang Mudik, Melanggar Akan Disuruh Putar Balik

Yusri mengatakan, kriteria yang dimaksud adalah pemudik yang melanggar larangan mudik, tetap juga melawan petugas yang berjaga di pos penyekatan kendaraan.

“Misalkan saat dilakukan pemeriksaan mereka sudah diminta putar balik, tetapi tidak mau dan malah melawan petugas. Itu yang bisa kita jerat dengan sanksi denda Rp100 juta itu, karena melawan petugas,” kata dia.

Baca Juga :
Tak Perlu Fatwa Haram untuk Melarang Mudik

Namun, lanjut Yusri, jika pemudik sudah bisa diberitahu dengan baik-baik agar tidak pulang kampung karena ada larangan maka tidak akan diberikan sanksi tersebut.

“Ya kalau masih bisa diberitahu agar tidak mudik ya tidak dijatuhi sanksi denda Rp100 juta itu, kan dia sudah bersedia putar balik,” ujarnya.

*****

1
2
SebelumnyaCegah Covid-19, DPRD Kota Batam Gelar Rapid Test Lagi
SelanjutnyaSudah Terima Bantuan BPNT, PKH dan BST, Tak Dapat Bantuan Sembako Pemko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin