Home Kepulauan Riau Natuna Siap-siap Jadi Kabupaten Layak Anak 2021

Natuna Siap-siap Jadi Kabupaten Layak Anak 2021

Kabupaten Layak Anak
BP3D Natuna bersama DP3A Natuna dan OPD lainnya menggelar rapat evaluasi untuk mempersiapkan indikator Kabupaten Layak Anak di 2021, Senin (16/3/21)/Natunakab.go.id

Barakata.id, Natuna- Kabupaten Natuna tengah bersiap-siap untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) di 2021. Untuk itu, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Natuna menggelar rapat koordinasi Kabupaten Layak Anak bersama jajaran OPD di Ruang Rapat BP3D Senin, (15/03/21).

Dilansir dari natunakab.go.id, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DP3A) Natuna Yuli Ramadanita mengatakan KLA adalah kabupaten yang punya sistem pembangunan berbasis hak anak.


“Sistem itu diwujudkan dengan pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Sealin itu juga program dan kegiatan yang ada menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak. Mulai dari program perencanaan sampai evaluasi,” ujarnya.

Baca Juga:

Untuk bisa menjadi KLA ada beberapa indikator yang harus dicapai. Di antaranya pemenuhan hak anak seperti mendapatkan akta kelahiran, kartu identitas dan pelayanan kesehatan dan lainnya yang berhubungan dengan hak dasar anak.

“Serta terpenuhinya desa layak anak dan kelurahan layak anak,” kata Nita.

Semua itu, menurutnya tak akan terwujud jika tak ada komitmen, partisipasi dan peran aktif para pemangku kepentingan untuk percepatan KLA di Natuna.

Pencanangan pembangunan untuk menjadi KLA ini sendiri di Natuna telah diinisiasi sejak tahun 2013 lalu. Untuk itu, pihaknya melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk menyiapkan data-data terkait hak dasar anak. Kemudain Dinas Kesehatan menyiapkan data terkait hak dasar anak di bidang kesehatan.

Baca Juga:

Selain itu juga menggandeng Dinas Komunikasi dan Informasi untuk menyiapkan informasi layak anak. Serta Forum Anak sebab merekalah yang tahu hak, kebutuhan dan persoalan anak.

Nita mengatakan, Forum Anak ini dibentuk dari perwakilan anak yang ada di Natuna. Meskipun isinya anak-anak namun forum ini ikut andil dalam menyukseskan pembangunan.

Dia berharap rapat evaluasi yang dilakukan ini akan mewujudkan Natuna sebagai KLA di tahun 2021. Hal itu berarti indikator-indikator KLA dapat terpenuhi oleh Natuna.

***

Editor: Asrul R



TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin