Home Kepulauan Riau

Musrenbang Kepri 2021 Fokus Maksimalkan Potensi Daerah

Musrenbang Kepri
Pemprov Kepri menggelar Musrenbang tingkat Provinsi Kepri Tahun 2021 di Kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Senin (12/4/21). (F: Pemprov Kepri)
Banner Pemprov Kepri

Barakata.id, Tanjungpinang – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Kepri tahun 2021 akan difokuskan pada upaya peningkatan ekonomi melalui pengoptimalan potensi daerah. Musrenbang juga untuk mendapatkan masukan terkait upaya penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah RKPD Kepri tahun 2022.

“Pelaksanaan Musrenbang tingkat Provinsi Kepri ini adalah kelanjutan dari tahapan Musrenbang tingkat desa kelurahan, tingkat kecamatan , kabupaten kota serta untuk ke depannya dibawa ke Musrenbang tingkat Nasional,” kata Ketua Pelaksana Musrenbang Provinsi Kepri, Andri Rizal dalam laporan pertanggungjawaban di Aula Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (12/4/21).

“Kegiatan ini dilaksanakan melalui proses pelaksanaan yang berlangsung dan virtual atau tidak langsung.Dengan jumlah peserta langsung sebanyak 221 orang dan peserta Musrenbang secara virtual sebanyak 779 peserta,” sambung Andri.

Advertisement

BACA JUGA : Ini 4 Program Prioritas Ansar-Marlin pada 2022

Menurut Andri, pelaksanaan Musrenbang Kepri tahun 2021 ini bertujuan untuk peningkatan ekonomi melalui pengoptimalan potensi daerah dan pembangunan infrastruktur serta tata kelola yg baik dgn menjnnyan budaya Melayu dan nasional.

“Sehingga nantinya hasil dari Musrenbang Kepri ini mampu merangkum segala program-program pembangunan yang diharapkan mampu menjadi penunjang pertumbuhan ekonomi Kepri,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak berpesan agar kegiatan ini dapat benar-benar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh untuk merencanakan pembangunan di Kepri.

“Melalui Musrenbang ini akan mampu menata perencanaan pembangunan di Provinsi Kepri berdasarkan pekerjaan rumah atau PR yang menjadi tantangan pada penyusunan RKPD sebelumnya,” kata dia.

Jumaga juga berharap Pemprov Kepri mampu mengelola potensi yang dimiliki baik itu maritim dan pariwisata untuk meningkatkan ekonomi.

“Sehingga potensi tersebut mampu membawa ekonomi Kepri kearah yang lebih baik khususnya di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini,” ujarnya.

BACA JUGA : Gubernur Kepri Yakin Ekonomi Tumbuh 5 Persen

Senada dengan Jumaga, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, kemerosotan ekonomi Kepri yang disebabkan pandemi Covid-19 saat ini juga dirasakan oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kepri akan terus berupaya untuk meningkatkan ekonomi Kepri yang pada tahun 2020 berada pada minus 3,80 persen.

“Untuk itu, melalui tema “Peningkatan ekonomi melalui pengoptimalan potensi daerah dan pembangunan infrastruktur serta tata kelola pemerintahan yang baik dengan menjunjung tinggi budaya Melayu dan nasional” Pemerintah Provinsi Kepri akan berupaya untuk mengubah kondisi ekonomi Kepri,” tegas Ansar.

Ansar memastikan pihaknya bakal mengoptimalkan kedua sektor prioritas utama di Provinsi Kepri yakni sumber daya maritim dan pariwisata.

“Kita yakin dengan terkelolanya kedua potensi tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kepri,” ujar Ansar.

Tak hanya upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, Ansar juga memastikan akan terus menjaga tata kelola pemerintahan di Provinsi Kepri dapat berjalan baik.

“Menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan ,serta yang terpenting adalah penanganan Covid-19,” pungkasnya.

*****

Sumber : Kominfo.kepri.prov

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin