Home Kepulauan Riau Batam

Mulai 2 Oktober, Pelayanan Disdukcapil Batam Lewat Online

36
Pelayanan Disdukcapil Online
Mulai 2 Oktober 2020, seluruh layanan di Disdukcapil dilakukan secara online. (F: Barakata.id/Asrul R)

Barakata.id- Mulai 2 Oktober 2020, seluruh pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam dilakukan secara online.

Kebijakan itu diberlakukan menindaklanjuti surat edaran Wali Kota Batam nomor 287 tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja. Surat edaran itu merupakan perubahan ketujuh atas surat edaran Walu Kota Batam nomoe 181 tahun 2020 tentang peningakatan kewaspadaan terhadap risiko penularan Covid-19.

Kepala Disdukcapil Batam Heryanto mengatakan, pelayanan di Disdukcapil mengalami penyesuaian. Untuk pelayanan di kantor, jam pelayanan loket pengajuan dan pengambilan dimulai pukul 8.00 WIB. Layanan itu diakhiri lebih cepat dari biasanya, yaitu pukul 12.00 WIB.

Baca Juga:
Asyik, Kartu Keluarga Kini Bisa Cetak Sendiri

“Seluruh pelayanan dilakukan secara online,” kata dia melalui keterangan tertulisnya yang dikutip Barakata.id, Minggu (4/10/20).

Karena seluruh pelayanan Disdukcapil Batam lewat online, maka pengajuan pelayanan admindukcapil saat ini disertai dengan alamat email dan nomor telepon.

Untuk mengakses layanan online ini, masyarakat Batam bisa mengunjungi website resmi Disdukcapil Batam di https//disdukcapilbisa.batam.go.id.

Di laman tersebut dijelaskan, dokumen yang dapat didaftarkan melalui online diantaranya, akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, akta perceraian, pengesahan anak, rekom pindah perkawinan, surat keterangan belum menikah, pelaporan kelahiran luar negeri, pelaporan perkawinan luar negeri, dan pelaporan kematian luar negeri.

Baca Juga:Eazy Passport, Bikin Paspor Tak Perlu ke Kantor Imigrasi

Selain itu surat pindah, surat pindah datang, penggantian Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dan Kartu Identitas Anak pun bisa diurus melalui online.

Pada website itu ditekankan pula bahwa pengurusan dokumen pendudukan tak dipungut biaya alias gratis.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin