Home Nusantara MUI Tetapkan Vaksinasi Covid-19 Tak Membatalkan Puasa

MUI Tetapkan Vaksinasi Covid-19 Tak Membatalkan Puasa

Ilustrasi. (F: Piqsels)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Jakarta- Mejelis Ulama Indonesia (MUI) telah menetapkan vaksinasi Covid-19 tak membatalkan puasa. Sehingga umat Islam yang akan divaksin pada bulan Ramadan dan sedang berpuasa tak perlu khawatir.

Penetapan vaksinasi tak membatalkan puasa itu dikuatkan dengan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 pada saat berpuasa.

Namun demikian, Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemeenterian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan vaksinasi yang dilakukan di bulan Ramadan tetap akan memperhatikan kondisi orang yang sedang menjalankan puasa.

Baca Juga:

“Vaksinasi tetap dilakukan baik untuk kalangan muslim maupun nonmuslim,” ujar Nadia, dikutip dari laman kemkes.go.id, Selasa (6/4/21).

Nadia mengatakan, puasa berfungsi untuk detoksifikasi. Sehingga puasa memberikan manfaat untuk kesehatan. Sehingga, dia yakin, meskipun dalam kondisi berpuasa, namun kondisi tubuh tak berpengaruh terhadap pemberian vaksinasi.

Nadia mengungkapkan, pemerintah tak melakukan persiapan khusus terkait vaksinasi di bulan Ramadan. Hanya saja peserta vaksinasi juga disarankan untuk istirahat cukup dan sahur denga makanan bergizi seimbang.

Baca Juga:

Terkait waktu pelaksanaan vaksinasi tetap akan dilakukan seperti biasa, yaitu di pagi hari sampai sore.

“Mungkin dapat juga dilakukan malam hari atau bisa juga dilakukan di masjid pada malam hari, asal tidak mengganggu ibadah di bulan Ramadan,” katanya.

***

Editor: Asrul R

SebelumnyaDPRD Batam Gelar RDPU dengan Pengusaha, Bahas Infrastruktur Jalan
SelanjutnyaBNPB Mendukung Penuh Penanganan Darurat Banjir Bandang di NTT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin