Beranda Kepulauan Riau Batam

Muhammad Rudi Selesaikan Masalah Air di Kampung Tua Teluk Mata Ikan

29
0
Rudi menyelesaikan permasalahan distribusi air
DPRD Batam

Barakata, Batam – Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, turun langsung menyelesaikan permasalahan distribusi air di Kampung Tua Teluk Mata Ikan. Langkah ini diambil setelah adanya aksi unjuk rasa warga di Simpang Turi Beach, Nongsa, Selasa (17/12/2024).

Komitmen Muhammad Rudi untuk menuntaskan persoalan ini terlihat dari kehadirannya di lokasi dan memastikan distribusi air kembali normal sebelum meninggalkan tempat.

Ikuti saluran Barakata.id di WhatsApp klik disini

baca juga: SPAM Batam Akan Maksimalkan Air Baku Dekat Batamec

“Kita bersyukur, air ke masyarakat sudah normal kembali. Saya sudah mengecek langsung dan berharap air ke masyarakat ini tidak diganggu lagi kedepannya,” ujarnya.

Akar Permasalahan

Menurut Muhammad Rudi, gangguan distribusi air ini terjadi karena PT Air Batam Hilir (PT ABHi) sedang melakukan uji coba pengaliran ke kawasan data center. Namun, uji coba tersebut berdampak pada pasokan air bagi warga Kampung Tua Teluk Mata Ikan.

“Maka saya sudah mengambil keputusan dan meminta kepada Pak Muji (Direktur PT. ABHi), untuk tidak mengganggu air ke masyarakat. Jika mau melakukan uji coba, silahkan dengan cara yang lain,” tegasnya.

Solusi Jangka Panjang

Saat ini, pembangunan jaringan pipa khusus menuju data center sedang berlangsung dan dijadwalkan selesai pada akhir Desember 2024. Setelah rampung, suplai air ke data center akan terpisah dari jalur distribusi untuk pemukiman warga, sehingga masalah serupa tidak terjadi lagi.

Imbauan untuk Warga

Muhammad Rudi mengajak masyarakat untuk tetap menjaga keharmonisan dan suasana yang kondusif. Ia juga meminta agar setiap permasalahan yang terjadi dilaporkan langsung kepadanya untuk segera ditindaklanjuti.

baca juga: PT Air Batam Hilir Menjamin, Air Akan Kembali Normal Secara Bertahap

“Saya titip kepada kita, agar tetap menjaga kekompakan dan situasi kondusif. Laporkan kepada saya apabila ada kendala agar saya bisa segera ambil tindakan,” tutupnya.

Kesimpulan

Tindakan cepat Muhammad Rudi menunjukkan komitmen BP Batam dalam melayani kebutuhan masyarakat. Dengan pembangunan infrastruktur yang tepat, diharapkan distribusi air di Kampung Tua Teluk Mata Ikan tetap stabil di masa mendatang.