Mitsubishi Tarik 14.051 Mobil Xpander, Ada Apa?

33
Ilustrasi. Mitsubishi Motors Vietnam menarik ribuan unit mobil Xpander lantaran menemukan masalah pada pompa bahan bakar. (F: Ist)

Barakata.id, Batam – Sebanyak 14.051 unit mobil Xpander yang diproduksi di Indonesia periode 14-26 Agustus 2019 ditarik oleh Mitsubishi Motors Vietnam. Tak main-main, penarikan akan berlangsung mulai 1 Oktober hingga 30 September 2021!

Sebenarnya, ada masalah apa?

Mengutip media lokal Vietnam, vnexpress.net, Jumat (4/10), penarikan mobil produksi periode itu karena adanya permasalahan pompa bahan bakar.

Baca Juga : 10 Mobil Terlaris Juni 2019: Xpander Salip Avanza

Mitsubishi Motors Vietnam menyatakan, ada kesalahan pada baling-baling plastik di bagian dalam pompa bahan bakar yang menyebabkannya (baling-baling) mengembang sehingga menghentikan kinerja pompa. Hal itu menyebabkan mesin berhenti atau gagal saat memulai menyalakan mesin.

Meskipun belum bisa dipastikan penyebab masalah tersebut, tapi penyelidikan yang dilakukan perusahaan asal Jepang itu menunjukkan bahwa impeler plastik dengan kepadatan molekul rendah mudah mengembang.

Pihak perusahaan mengkonfirmasi, penarikan akan berlangsung mulai 1 Oktober 2019 hingga 30 September 2021. Perusahaan akan mengganti pompa bahan bakar di semua kendaraan yang dibawa ke distributor resmi secara gratis.

Menurut Mitsubishi, pergantian diperkirakan memakan waktu 72 menit. Kemudian untuk semua kendaraan yang diproduksi setelah 26 Agustus 2019 telah dilengkapi dengan pompa bahan bakar baru.

Di Indonesia belum ada masalah

Sementara itu, berbeda dengan Vietnam, mobil Xpander yang mengaspal di Indonesia dipastikan tidak ada masalah. Hal itu ditegaskan Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura.

Ia memastikan, sampai sekarang pemasaran Mitsubishi Xpander di Indonesia tidak memiliki masalah serupa seperti di Vietnam.

“Kami tahu distributor Vietnam mengumumkan recall, tapi di Indonesia kami tidak punya masalah yang sama soal itu. Pada saat ini kami belum punya rencana recall di pasar Indonesia,” kata Nakamura, Rabu (2/10/19) dilasir dari Kontan.

Baca Juga : Tuas Transmisi Rusak, Honda Tarik 12.911 Unit Mobil CR-V

Ia berharap hal tersebut tak terjadi di Indonesia. “Tetapi jika konsumen memiliki masalah yang sama yang mana kami tidak berharap terjadi di Indonesia, kami dengan senang hati mendengarnya,” tambahnya.

Nakamura menegaskan, pihaknya terus memprioritaskan konsumen serta mengutamakan keselamatan konsumen.

“Jadi segera setelah konsumen mengeluhkan itu kami akan langsung menanganinya. Namun hingga saat ini kami tidak menemukan apapun masalah itu di Indonesia. Tapi di Vietnam sudah recall massal secara resmi kemarin,” pungkasnya.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini