Home Gaya

Microsoft Hadirkan Laptop yang Bisa Dikantongi

321
Ilustrasi, laptop Microsoft Surface.

Lembaga analisis dari Inggris, IHS Markit mengungkapkan, lini produk laptop Surface dari Microsoft disebut-sebut akan segera hadir dalam desain baru, yakni layar yang bisa dilipat alias foldable. Laptop ini dirancang sedemikian rupa sehingga bisa dikantongi oleh penggunanya.

Mengutip Forbes, IHS Markit mengklaim bahwa laptop Surface berlayar lipat itu akan hadir dalam ukuran lebih kecil, mengusung layar 9 inci dengan rasio 4:3. Konon, perangkat ini diberi kode nama Andromeda.

Secara fisik, tepian untuk lipatan layar akan diperkuat dengan engsel yang kokoh. Microsoft Surface ini juga akan didukung oleh jaringan 5G. Informasi bahwa Microsoft sedang mengembangkan perangkat yang bisa dikantongi dengan mudah sudah simpang-siur.

Jika layarnya memang 9 inci, laptop ini mungkin tetap bisa dikantongi. Atau minimal, gak perlu tas ransel super jumbo untuk menyimpannya.

Namun, perangkat yang dibicarakan oleh IHS Markit ini tampaknya punya nama kode Centaurus. IHS Markit juga mengatakan, Microsoft Surface ini akan berjalan di sistem operasi Windows 10 yang khusus dirancang untuk teknologi layar lipat.

Laptop anyar Microsoft tersebut juga dipercaya akan mendukung aplikasi bawaan Android dan iCloud.

OS Windows 10 versi baru ini rumornya akan diberi nama Windows Core OS atau singkatnya WCOS yang diyakini memang bisa mendukung integrasi antarmuka untuk dua layar. Sementara urusan prosesor, Microsoft Surface ini disebut akan menggunakan dapur pacu SoC Lakefield 10nm dari Intel.

Meski belum ada konfirmasi dari pihak Microsoft, laptop layar lipat Surface ini diprediksi akan siap meluncur secara komersial pada pertengahan tahun 2020 mendatang.

Baca Juga : Avita Magus Masuk Indonesia, Laptop 2 in 1 Seharga Rp4,5 Juta

Seperti ditulis Uzone.id, sebelumnya, Lenovo juga sudah pernah memamerkan perangkat laptop layar lipat yang masih purwarupa alias prototype. Walau belum diberi nama, produk ini tampaknya akan menjadi bagian di lini keluarga ThinkPad X1 Lenovo.

Mengutip berbagai sumber, laptop layar lipat Lenovo ini mengusung layar 13,3 inci panel OLED yang membentang di seluruh perangkat dengan bezel super tipis. Dengan kata lain, secara tampilan, produk ini murni layar.

Lenovo mengusung keyboard virtual di software yang muncul di bagian bawah layar. Pengguna juga bisa menghubungkan keyboard nirkabel jika belum bisa lepas dari papan ketik fisik untuk mengetik.

Laptop ini punya resolusi 1920 x 1440 pixel dan diotaki prosesor Intel.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin