Home Warta Ekonomi

Meyers L’Oreal, Wanita Terkaya di Dunia, Hartanya Rp701 Triliun

100
Meyers L'Oreal
Francoise Bettencourt Meyers, pewaris tunggal perusahaan L'Oreal menjadi wanita terkaya di dunia versi Forbes, dengan total kekayaan mencapai Rp701 triliun. (F: net)

Barakata.id, Batam – Francoise Bettencourt Meyers, pewaris perusahaan L’Oreal menjadi wanita terkaya di dunia nomor satu pada tahun 2019 versi The Forbes. Meyers memiliki total kekayaan mencapai US$49,3 miliar atau setara dengan Rp701 triliun (dengan kurs Rp14.230 per dolar AS).

Sementara itu, dalam daftar orang terkaya dunia, Meyers menempati posisi ke-15. Bagi Meyers, harta melimpah dan kekayaan bukan hal baru. Kekayaan yang melekat pada dirinya sudah hadir sejak lahir.

Kekayaan Meyers tersebut berasal dari ibunya yakni, Liliane Bettencourt yang selalu tercatat sebagai perempuan terkaya versi Forbes sejak 1987.

Baca Juga :
Jean Arnault Salip Bill Gates Jadi Orang Terkaya di Dunia

Tahun 2017, saat ibunya meninggal dunia, Meyers langsung mengambil alih gelar wanita terkaya tersebut. Meyers dan kedua puteranya memiliki 33 persen saham perusahaan kosmetik ternama dunia, L’Oreal.

Kekayaan keluarga Bettencourt-Meyers, 90 persen-nya berasal dari saham L’Oreal.

Meyers sendiri tidak asing dengan dunia kosmetik. Sejak dini ia sudah bergabung di L’Oreal.

Pada tahun 1997, ia telah menjabat sebagai direksi L’Oreal, sekaligus chairwoman dari induk perusahaan L’Oreal.

Aktif di yayasan sosial dan menulis buku

Dikutip dari The Forbes, Meyers ternyata sering terjun di dunia filantropi. Meski hidup bergelimpangan harta, Meyers bersama dengan L’Oreal dan yayasan keluarga Bettencourt Meyers telah mendonasikan US$226 juta untuk memperbaiki katedral Notre Dame yang terbakar April 2019 lalu.

Di Yayasan Filantropi Bettencourt Schueller Foundation, Meyers menjabat sebagai presiden. Yayasan itu mendorong kemajuan Prancis dalam sosial, ilmu sains dan seni tradisional.

Yayasan ini juga pernah mendukung sebuah penelitian terkait neuron untuk membantu anak-anak autis di Prancis.

Selain itu, Meyers juga punya profesi lain, yakni penulis. Ia pun sudah melahirkan sejumlah buku yang berkisah tentang dewa Yunani.

Skandal Bettencourt-Meyers

Meyers L'Oreal
Francoise Bettencourt Meyers memiliki harta kekayaan Rp701 triliun yang menjadikannya wanita terkaya di dunia. (F: net)

Dilansir dari CNN Indonesia, meskipun bergelimang harta, hidup Meyers tak semulus seperti yang dibayangkan banyak orang. Sebagai anak tunggal dari Liliane Bettencourt dan politisi Prancis André Bettencourt, Meyers ternyata memiliki beban tersendiri.

Meyers dibesarkan dalam ajaran Katolik yang taat. Namun, pada akhirnya dia menikah dengan Jean-Victor Meyers, cucu rabi yang dibunuh di kamp Yahudi di Auschwitz.

Pernikahan Katolik dan Yahudi tersebut cukup kontroversial. Apalagi, kakek Meyers merupakan simpatisan Nazi. Pada akhirnya, pernikahan Bettencourt Meyers menimbulkan masalah keluarga.

Kehadiran cucu pun tak meredamkan masalah tersebut karena Meyers memutuskan akan membesarkan kedua anaknya dalam agama Yahudi.

Baca Juga :
Dari Gubuk Tua, Coco Chanel Tumbuh Jadi Legenda

Selain skandal pernikahan, Meyers pun pernah berurusan dengan pengadilan. Dia melaporkan teman lama ibunya, François-Marie Banier karena memanipulasi ibunya untuk mengambil harta.

Skandal tersebut sempat membuat hubungan ibu dan anak Liliane dan Francoise retak. Namun, selang beberapa tahun setelah masalah pengadilan selesai, mereka akur kembali.

Kini, Meyers dan kedua anak laki-lakinya yang mengurus tahta perusahaan kosmetik L’Oreal.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin