Home Jelajah Jalan-Jalan

Menikmati Keindahan Laut sembari Bermain Watersport di Pulau Pengalap

Sempat ditutup beberapa bulan akibat pandemi, Kepri Coral kembali dibuka dengan menawarkan harga promo New Normal.

289
Pulau Pengalap
Pulau Pengalap. (Foto: May Sarah)

Penulis: May Sarah, Traveller

Barakata – Mungkin masih banyak yang masih asing mendengar nama Pulau Pengalap. Saya memaklumi karena dahulunya Pulau Pengalap memang hanyalah sebuah pulau kosong tak berpenghuni. Pulau Pengalap hanya disinggahi ketika peserta dari sebuah travel mengadakan snorkeling. Itupun hanya beberapa menit saja.

Namun siapa sangka ketika Pulau Pengalap dikelola dan dijadikan destinasi wisata. Ia pun berubah menjadi sebuah pulau yang begitu indah, memanjakan mata dan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Destinasi wisata Kepri Coral Pulau Pengalap. Begitulah namanya sekarang dikenal oleh masyarakat Batam. Dari pertama wisata Kerpi Coral dibuka begitu antusiasnya warga Batam untuk melihatnya lebih dekat, sehingga tak heran setiap foto-foto yang beredar di media sosial membuat Kepri Coral semakin dikenal bahkan hingga di luar Batam.

Sempat ditutup beberapa bulan akibat pandemi, namun saat ini Kepri Coral kembali dibuka dengan menawarkan harga promo New Normal yakni Rp 450.000 untuk dewasa dan Rp 250.000 untuk anak anak dalam paket wisata One Day Trip.

Fasilitas One Day Trip dari Kepri Coral

Untuk menuju Pulau Pengalap peserta trip harus berkumpul di Pelabuhan Kepri Coral yang berada di Pulau Galang Baru setelah jembatan 6, karena keberangkatan kapal untuk menuju pulau hanya satu kali yakni pada pukul 10.00 pagi.

Setelah melalui pemeriksaan protokol kesehatan, maka peserta dipersilahkan masuk ke kapal dan bersiap menuju pulau dengan jarak tempuh sekitar 35 menit.

Kapal yang dinaiki tak berhenti langsung di depan Pulau Pengalap, melainkan berhenti di sebuah restoran apung yang jaraknya sekitar 1 km dari pesisir pantai pulau. Setelah sampai tamupun akan dihidangkan welcome drink berupa air jahe merah dan sereh. Setelah itu tamu dipersilahkan untuk menikmati fasilitas yang disediakan.

Pulau Pengalap
Pulau Pengalap. (Foto: May Sarah)

1. Snorkeling

Bagi tamu yang ingin melihat keindahan bawah laut, peserta tinggal memakai perlengkapan safety seperti life jacket, fin dan juga kacamata yang sudah disediakan oleh pengelola, dan bagi yang tidak bisa berenang instruktur siap mendampingi dan mengajari peserta dasar dasar untuk memulai snorkeling.

2. Water Sport

Bermain banana boat tentunya memberikan keseruan tersendiri karena pada akhirnya peserta akan dibawa berkeliling menikmati keindahan laut Pulau Pengalap, dan pastinya yang selalu ditunggu tunggu adalah saat dijatuhkannya para peserta ke laut, hahahah seru banget momen ini. Jika menganggap Banana Boat terlalu ekstrim, peserta juga bisa bermain sepeda air, permainan ini jauh lebih santai dan tidak akan membasahkan baju peserta.

3. Akuarium Bawah Laut

Yang membuat Kepri Coral berbeda dari tempat lain adalah adanya akuarium bawah lautnya. Di sini ikannya sangat beragam, dan pastinya akan membuat tangan kita gatal untuk menangkap ikannya. Akuarium ini terletak dibawah restoran apung, dan arena masa new normal, mungkin untuk turun ke bawah peserta harus bergantian 6 orang saja, agar lebih leluasa menikmati dan berfoto foto di sana.


4. Makan Siang dan Tea Time

Setelah beraktivitas di sekitaran restoran apung, para peserta diajak untuk makan siang di area Pulau Pengalap. Menunya juga sangat memuaskan, ada nasi, ayam gulai, cumi goreng, ikan dori asam manis, udang nestum, tomyam seafood dan sambal yang rasanya maknyuss! Sementara untuk tea time-nya peserta akan dikasih bubur kacang hijau.

5. Jelajah Hutan Mangrove

Setelah makan siang dan beristirahat beberapa menit, peserta di ajak untuk menjelajah hutan mangrove, ternyata hutannya luas banget loh. Namun jangan khawatir karena pengelola menyediakan baberapa gazebo untuk beristirahat sembari melihat penangkaran kura-kura.

Di area Pulau juga tersedia penginapan, baik yang berbentuk Dome, maupun penginapan di kapal Pengalap, sehingga buat kamu yang ingin lebih lama di sini bisa langsung menghubungi pengelolanya untuk mengupgarde wisatamu dari One Day Trip menjadi 2D1N tentunya dengan tambahan biaya yang telah disepakati bersama.

Dan bagi peserta One Day, setelah menikmati tea time maka jam 3.30 acara selesai dan peserta kembali ke restaurant apung untuk menaiki kapal pulang menuju pelabuhan Kepri Coral. Mumpung masih harga promo loh gaes, yuk ke Kepri Coral!.

Lihat juga artikel lain rubrik Jelajah: 

Pasar Djadoel Mata Kucing, Perut Kenyang di Tengah Hutan sampai Berkuda di Kebun Binatang

Dua Hari Berlibur di Lombok, Memandang Laut dari Bukit Gundul hingga Pantai Ajaib Merah Jambu

 

Editor: Gunawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin