Home Warta Nusantara

Mengenalkan Cita Rasa Kopi Specialti di Amerika dan Jerman, Wamenlu RI Gandeng Pelaku Industri Kopi Nasional

16
Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar. F: Ist

Barakata.id, Jakarta – Kementerian Luar Negeri RI menggandeng sejumlah pelaku industri kopi nasional, menyelenggarakan kegiatan Temu Bisnis Virtual tentang Selera Konsumen dan Potensi Pasar Kopi Specialti di Amerika Utara dan Jerman.

Kegiatan ini merupakan upaya Kementerian Luar Negeri RI untuk industri kopi nasional yang lebih kuat di masa pasca pandemi. Inisiatif untuk berkolaborasi dengan Kementerian/Lembaga dan Perwakilan RI di Luar Negeri serta pelaku industri kopi ini bertujuan untuk mempromosikan kopi spesialti Indonesia di niche market.

Baca juga: Manfaat Kopi, Minumlah Kopi Hitam Bukan yang Olahan

“Kami mengajak seluruh pelaku industri kopi nusantara untuk bersinergi dan bekerja sama mempersiapkan industri kopi nasional menjadi lebih kuat dan berkelanjutan di masa pasca pandemi,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar, Senin (28/12/2020).

Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar mendorong para pelaku industri kopi nasional untuk berinovasi dan menciptakan nilai tambah melalui penguatan penerapan technology, sustainability dan traceability. Selain itu, para pelaku industri kopi nasional juga diharapkan dapat memperluas pasar, khususnya untuk produk specialty coffee.

Baca juga: Kopi Termahal di Dunia, Harganya Rp1 Juta Secangkir

“Sebagai negara produsen kopi terbesar ke-4 di dunia, produk specialty coffee Indonesia dikenal di mancanegara sebagai salah satu yang terbaik di dunia,” ungkap Wakil Menlu RI itu.

Di tahun 2021, kata Wamenlu Mahendra, peluang ekspor kopi Indonesia, khususnya specialty coffee, terbuka lebar. Hal ini dikarenakan cita rasa specialty coffee Indonesia yang dinilai luar biasa dan adanya trend lifestyle untuk specialty coffee di berbagai negara.

Dalam kegiatan Temu Bisnis Virtual ini, para pelaku industri kopi nasional tidak saja mendapatkan kesempatan untuk mengenal lebih jauh karakteristik pasar kopi di Amerika Utara dan Jerman.

Baca juga: Marlin: Tak Hanya Didengar, Suara Milenial Tentukan Arah Pembangunan Kepri

Mereka juga diajak untuk secara langsung melakukan business forum dengan calon importir di kedua wilayah, sehingga tercipta link and match antara produsen dan konsumen.

Pakar kopi AS, Mane Alves menyatakan bahwa pendidikan dan pemasyarakatan kopi bagi Indonesia sangat penting. Setelah itu para pengusaha kopi perlu didorong untuk mengikuti lomba/kompetisi internasional.

“Para roasters AS dan Eropa juga lebih sering diundang untuk datang langsung ke Indonesia guna melihat keaslian dan mutu kopi, serta berdialog langsung dengan petani,” harap Mane Alves.

*****
Editor: Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin