Home Ekonomi Mengapa Mobil Kepresidenan Identik Berwarna Hitam?

Mengapa Mobil Kepresidenan Identik Berwarna Hitam?

178
Mobil kepresidenan yang dipakai Presiden RI, Jokowi.

Batam – Hampir semua negara di dunia ini memilih warna hitam untuk mobil kepresidenan. Meski saat ini sudah banyak diproduksi mobil warna gelap lainnya hingga yang cerah, tapi hitam tetap menjadi pilihan utama untuk kendaraan pengangkut pejabat negara.

Di antara alasan pemilihan warna hitam itu adalah, untuk membedakan mobil kepresidenan dengan kendaraan pemerintah lain seperti mobil polisi, pemadam kebakaran, kendaraan militer, dan sebagainya.

Mengapa mobil presiden selalu warna hitam?

Mengutip laman Top Gear, dalam psikologi warna, hitam berkonotasi kepada kekuatan, keanggunan, formalitas, dan kualitas lainnya. Warna hitam menunjukkan kekuatan dan otoritas.

Baca Juga : Tuas Transmisi Rusak, Honda Tarik 12.911 Unit Mobil CR-V

Karena representasi makna warna yang sesuai untuk pemimpin negara tersebut, kebanyakan mobil presiden hadir dengan warna hitam. Bahkan, di Amerika Serikat, mobil kepresidenan termasuk semua kendaraan pengawalnya selalu berwarna hitam.

Mobil kepresidenan yang dipakai Presiden AS, Donald Trump.

Di Indonesia, mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard yang dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berkelir hitam. Kini, pemerintah dikabarkan sedang mencari mobil terbaik untuk Presiden.

BMW dan Mercedes-Benz disebut akan berebut menawarkan mobil untuk RI1.

Soal mobil berwarna hitam, mobil yang diproduksi dari tahun 1886 hingga tahun 1920-an biasanya memang dicat hitam. Cat hitam jenis enamel adalah satu-satunya cat yang cepat kering selama periode tersebut. 

Baru pada 1924, ada terobosan pembuatan cat. DuPont Chemical Company menghadirkan rangkaian warna cat selain hitam yang cocok untuk semua kendaraan otomotif.

Perusahaan ini memperkenalkan cat Duco Satin Finish Lacquer yang cepat kering, mulai saat itu mobil bisa diberi warna biru, hijau, merah, perak, kuning, dan lain-lain.

Sejak itu, produsen otomotif terus memperkenalkan lebih banyak pilihan warna untuk mobil. Sementara warna mobil terus ada inovasi baru, mobil dengan warna hitam tetap saja laku hingga saat ini. 

Selain warna hitam

Ternyata ada juga petinggi negara yang tak menggunakan mobil hitam. Mengutip Top Gear, Presiden Amerika Serikat ke-34, Dwight D. Eisenhower, pernah mengendarai Cadillac Eldorado putih tahun 1953 di sepanjang Pennsylvania Avenue selama parade pelantikan.

Mobil itu ternyata adalah hadiah dari produsen mobil Amerika, General Motors.

Mobil sedan berwarna putih keluaran DeSoto Cabriolet ini pernah menjadi mobil dinas Wakil Presiden RI, Mohammad Hatta.

Di Filipina, tidak semua kendaraan kepresidenan dan pengawalan dicat hitam. Ada mobil kedua yang digunakan selain kendaraan utama, banyak dari unit alternatif itu dicat putih atau silver.

Mantan Presiden Filipina, Ramon Magsaysay, pernah menunggangi sebuah mobil Ford convertible warna putih pada 1953 saat pelantikannya.

Baca Juga : Bayar Pajak Kendaraan Kini Makin Murah, Diskon hingga 50 Persen

Presiden Turkmenistan, Kurbanguly Berdymukhamedov juga tak suka dengan mobil hitam. Awal 2018 lalu, Berdymukhamedov melarang seluruh mobil berwarna hitam melintas.

Berdymukhamedov lebih menyukai mobil warna putih. Mobil putih disarankan karena dianggap bisa membawa keberuntungan untuk negara tersebut.

Dikabarkan, Berdymukhamedov pernah mengganti warna limusinnya dari hitam menjadi putih. Pada tahun 2015, ia pernah mengeluarkan aturan untuk menyetop impor mobil berwarna hitam

*****

Sumber : Detik com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here