Home Kepulauan Riau Batam

Mendagri Bakal Jadikan Batam Percontohan Pilkada Sehat

39
Batam Percontohan Pilkada Sehat
Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum membagikan masker bantuan Pemerinta Provinsi Kepri kepada masyarakat Belakangpadang, Senin (6/10/20). (F: Ist)

Barakata.id- Batam bakal jadi daerah percontohan Pilkada Sehat. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan berkunjung ke Batam. Kedatangannya itu untuk meninjau Batam yang direncanakan bakal jadi daerah percontohan Pilkada Sehat.

Hal itu disampaikan Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum di sela-sela rapat kerja camat se- Kota Batam di ke Kecamatan Belakangpadang, Senin (5/10/20).

“Rencananya Mendagri akan datang, Batam menjadi pilihan menjadi daerah pelaksana Pilkada sehat, kita patut berbangga,” ujarnya.

Baca Juga:
Wujudkan Pilkada Sehat, Kepri Bikin Gerakan Sejuta Masker

Untuk membuktikan hal itu, menurut Syamsul Batam harus punya program yang baik. Partisipasi masyarakat pun dibutuhkan dalam mewujudkan Pilkada Sehat tersebut.

Pilkada Sehat itu bukan hanya momen Pilkada itu tak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 tapi juga terkait tidak adanya masalah pelanggaran adminstratif.

Selain tetap gencar menyosialisasikan protokol kesehatan, paling terbaru Syamsul juga telah mengajukan rancangan Peraturan Daerah (Ranpreda) terkait penerapan displin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Sebelum mengajukan Ranperda itu, Syamsul Bahrum pada 1 Oktober 2020 kemarin juga telah menandatangani Instruksi Wali Kota Batam Nomor 2/2020. Instruksi ini mirip dengan Perwako 49/2020, bedanya denda berupa uang bagi warga dan badan usaha yang melanggar protokol kesehatan diberlakukan.

Selain itu Pemerintah Kota (Pemko) Batam juga akan membentuk tim vaksin. Tim ini akan menjalankan teknis vaksin, jika nantinya vaksin sudah tersedia.

Baca Juga:
ASN Tak Boleh Like dan Komentar Postingan Terkait Paslon Pilkada

“Jadi kita sudah jauh ke depan sembari sekarang kita lakukan upaya menekan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sejauh ini para camat terus melakukan upaya menekan Covid-19 di wilayahnya masing-masing, termasuk akan akatif dalam upaya mewujudkan Pilkada Sehat.

“Sejak awal, kami kecamatan Belakangpadang dibantu TNI Polri dan berbagai pihak terus turun melakukan sosialisasi, penyemprotan disenfektan, bagi masker hingga meneruskan penyaluran sembako kepada masyarakat,” kata Camat Belakangpadang Yudi Admaji.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin