Home Gaya

Mencegah Covid-19: Lakukan 5 Hal Ini Saat Bersama Orang Lain

Cara Mencegah Covid-19
Memakai masker juga harus memperhatikan beberapa hal agar kita tetap nyaman dan aman dari penularan virus corona. (F: ist)

Barakata.id, Batam – Pandemi Covid-19 belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Yang dapat dilakukan adalah mencegah Covid-19 agar tidak terus menyebar, karena hidup harus tetap berjalan.

Risiko terserang virus corona memang terbuka lebar jika kita banyak beraktivitas di luar, terutama dalam kelompok lebih dari dua orang. Apalagi jika di sekeliling kta ada yang tak peduli dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Menerapkan protokol kesehatan sangat penting. Sebab, penyebaran utama Covid-19 adalah melalui droplet atau percikan air dari mulut dan hidung saat bicara, batuk, atau bersin.

Baca Juga : Mandi Ketika Sampai Rumah, Cegah Penyebaran Covid-19

Di saat kita berkumpul lebih dari dua orang atau bahkan saat berdua pun, tidak menutup kemungkinan bisa terancam oleh Covid-19. Saat ini, virus corona terus mengintai. Ia bisa berada dimana saja dan kapan saja.

Itulah mengapa kita dituntut agar selalu menerapkan protokol kesehatan baik ketika berada di rumah, tempat kerja maupun saat melakukan aktivitas lain di tempat umum.

Yang pertama, setiap orang diminta selalu memakai masker untuk meminimalisir terkena droplet dari orang yang berada di dekat kita.

Saat berada di luar rumah, upayakan menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Setelah itu, rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Ingatlah, ada orang-orang tersayang yang berada di sekeliling kita menunggu di rumah.

Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Oleh sebab itu, cintai diri Anda, teruslah berusaha menjaga kesehatan.

Baca Juga : Kamu Batuk? Ini Beda Batuk Biasa dengan Gejala Covid-19

Ada lima hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19, yakni:

1. Selalu menjaga jarak aman dengan orang lain, minimal satu meter dan menghindari kerumunan.

2. Selalu hindari kontak erat seperti bersalaman dan berpelukan.

3. Selalu memakai masker dengan benar; menutupi hidung, mulut hingga dagu.

4. Selalu mencuci tangan memakai sabun dengan rutin, atau gunakan hand sanitizer.

5. Selalu ikuti aturan pemerintah dan disiplin protokol kesehatan di tempat umum dan usaha.

Baca Juga : 5 Gejala Baru Virus Corona Selain Batuk dan Sesak Napas

Pandemi ini memang membuat hidup kita tidak nyaman seperti masa-sama sebelum datang wabah corona. Meski demikian, sebagai makhluk berakal, kita tak boleh pasrah atau menyerah terhadap Covid-19.

Kita bisa melawannya, cegah Covid-19 itu supaya tidak sampai masuk dan menyerang tubuh, terutama saluran pernapasan kita.

Jika kita semua mematuhi aturan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, bukan tidak mungkin pandemi ini bisa segera berakhir. Semoga.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin