Home Gaya Kesehatan

Masker Scuba Tak Efektif Cegah Covid-19

173
Masker Scuba disebut tak efektif cegah penyebaran Covid-19. (F: Barakata.id/Asrul R)

Barakata.id- Masker scuba dan buff disebut tak efektif cegah Covid-19. Padahal masker jenis ini banyak dijual di tepi-tepi jalan. Harganya yang murah memikat pembeli.

Beberapa waktu belakangan, masker scuba ditawarkan dengan desain yang unik-unik, karakter wajah salah satunya. Hal ini membuat orang-orang merasa mengikuti tren jika mengenakannya.

Ternyata, dibalik banyaknya masker scuba di pasaran, masker jenis ini tak disarankan untuk dipakai mencegah penyebaran Covid-19. Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam siaran pers di Istana Kepresidenan, Selasa (15/9/20).

Baca Juga:
Ternyata Anak di Bawah 2 Tahun Tak Cocok Pakai Masker

Menurut Wiku, masker yang baik dan efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah masker bedah. Masker jenis ini biasanya digunakan untuk orang-orang yang sedang sakit atau memiliki gejala Covid-19.

Namun, untuk orang yang sehat bisa juga menggunakan masker kain. Tapi perlu diperhatikan masker kain yang bagus adalah yang berbahan katun dan berlapis tiga.

“Hal itu penting karena kemampuan menyaring dan memfilter virus akan lebih baik dengan jumlah lapisan yang lebih banyak,” ujarnya, dikutip dari akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, Rabu (16/9/20).

Sementara itu untuk masker scuba atau buff hanya satu lapis dan terlalu tipis. Sehingga tak efektif untuk mencegah virus masuk.

“Kemungkinan tembus dan tak bisa menyaring lebih besar,” kata Wiku.

Selain itu, menurut Wiku, masker scuba juga sering dan mudah ditarik ke bawah hingga dagu. Sehingga membuat fungsi masker tak ada lagi.

“Jadi disarankan menggunakan masker yang berkualitas untuk menjaga kesehatan. Pastikan pakai masker menutup batang hidung sampai ke dagu dan rapat di pipi,” ujarnya.

Senada dengan Wiku, Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam Didi Kusmarjadi juga menyarankan untuk menggunakan masker yang baik untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kalau bisa pakai masker bedah, karena ketersediaannya sekarang sudah banyak. Kalau dulu kan langka,” kata Didi, Rabu (16/9/20) malam.

Baca Juga:
5 Tips Aman dan Nyaman Gunakan Masker di Cuaca Panas

Didi mengatakan, penggunaan masker scuba juga disebut-sebut malah menyebabkan aerosol. Aerosol adalah partikel cair atau padat yang tersuspensi di udara.

Aerosol ini terbentuk ketika droplet menguap lebih cepat daripada jatuh ke tanah. Partikel ini dapat melayang di udara lebih lama. Itulah mengapa aerosol membahayakan bagi penularan Covid-19.

Meskipun begitu, Didi mengaku terkait aerosol itu dia belum memastikan itu penelitian dari mana. Tapi untuk mencegah, lebih baik menggunakan yang sudah jelas kegunaannya.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin