Home Gaya Kesehatan

Masker Rajut, Modis dan Aman dari Virus

241
Masker SNI Kemenperin
Masker rajut produksi Iluh Craft (F: Iluh Craft untuk barakata.id)

Barakata.id – Sebentar lagi new normal akan diberlakukan, tempat-tempat umum akan dibuka. Para pekerja yang biasanya Work From Home (WFH) mungkin juga akan wajib datang ke kantor.

Walau demikian, masyarakat tetap wajib mengikuti protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan.

Meskipun wajib pakai masker, para pecinta fesyen tak perlu khawatir penampilannya tidak modis. Sebab masker rajut dari Iluh Craft bisa menjadi pilihan untuk digunakan.

Walau dirajut, tapi maskernya dipastikan tidak berlubang-lubang seperti rajutan pada umumnya.

Baca Juga :
Bisnis Fesyen Tak Mati di Masa Pandemi

Owner Iluh Craft, Iluh Eka Lindawati mengatakan masker rajutnya menggunakan benang katun. Sehingga rapat dan tidak berbulu. Di bagian dalamnya juga dilapisi kain katun.

Sehingga masker itu terdiri dari dua lapis. Bahkan agar lebih efektif lapisan bagian luarnya diberi lubang filter.

“Saya sarankan untuk filternya pakai tisu basah yang diangin-anginkan jadi sedikit kering,” ujarnya, Minggu (31/5/20).

Masker Rajut
Meski menggunakan masker, kamu juga bisa tetap bergaya dengan masker berbahan rajut.

Sebelum memenuhi standar untuk dipakai di masa Covid-19 yang masih merajalela ini, masker rajut Iluh Craft mengalami perjalanan yang cukup panjang. Awalnya dia membuat masker rajut itu untuk dipakai sendiri.

Waktu itu masker medis mulai langka di pasaran. Masker kain pun belum banyak yang produksi.

“Awalnya hanya rajutan benang saja. Lalu suami saya lihat anak saya pakai. Beliau profesinya di bagian safety sebuah perusahan. Makanya beliau bilang masker rajut ini hanya bisa untuk fesyen, kurang efektif dipakai untuk safety,” kata Iluh.

Iluh yang tergabung di Wirausaha Binaan Bank Indonesia (WUBI) ini kemudian memposting hasil karyanya di grup. Salah satu temannya di WUBI yang merupakan apoteker kemudian menanggapinya.

“Beliau kasih beberapa link untuk merekomendasikan masker kain yang 60-75 persen efektif terhadap virus. Saya baca-baca lalu coba saya desain dan saya sesuaikan dengan masker rajut saya. Setelah jadi Bang Mad, teman saya yang apoteker itu order, lalu mereview nya. Dari situ orderan terus berdatangan,” tutur Iluh.

Pilihan warna yang ditawarkan Iluh banyak. Ada yang cerah sampai yang gelap.

Selain itu juga bisa memilih maskernya, pakai tali dari benang atau karet. Sampai saat ini Iluh sudah memproduksi sekitar 500 masker rajut.

Baca Juga :
150 UMKM di Batam Dilatih Kreativitas Menuju Pasar Modern

Hingga kini pemesannya masih terus ada. Peminatnya pun beragam, mulai dari anak-anak muda hingga ibu-ibu rumah tangga.

Menyambut new normal, selain merajut masker, Iluh juga sudah mulai merajut sandal. Ia optimistis ke depannya keadaan semakin membaik, ekonomi pelan-pelan akan stabil.

Iluh Craft juga akan kembali memproduksi berbagai hasil karya rajut sepeti sandal, baju, kalung, tas dan item fesyen lainnya.

*****
Penulis : Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin