Home Nusantara

Masih Mau Jadi Penyelenggara di Pilkada 2024? Baca Ini

KPU RI
Pramono Ubaid Tanthowi, Anggota KPU RI. F: tempo.co

Barakata.id, Jakarta – Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 akan berbarengan dengan pemilihan umum (Pemilu) legislatif dan pemilihan presiden (Pilpres).

Tak terbayangkan, betapa ribetnya apabila keputusan ini sudah final dan akan dijalankan. Terutama penyelenggara yang paling terdepan. Mulai dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS, Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan / desa, PPK hingga seterusnya.

Beban berat menjelang pesta demokrasi di 2024 akan datang, bakalan akan dihadapi oleh pihak KPPS, PPS, PPK ini pun diakui oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Baca juga: 

Pramono Ubaid Tanthowi, Anggota KPU RI mengatakan beban berat penyelenggaraan Pilkada 2024 digelar serentak dengan pemilu dan pilpres akan dirasakan penyelenggara pemilihan pada tingkat paling depan.

“Beban beratnya di penyelenggara pemilu, terutama di jajaran paling depan, yakni KPPS, PPS, dan ke atasnya,” kata Pramono, saat webinar “Pentingnya Membahas Kerangka Hukum Pemilu”, dikutip barakata.id dari Tempo.co, Minggu (21/2/2021).

Baca juga: 

Menurut dia, KPU RI sebenarnya berperan lebih pada tataran regulasi, kemudian monitoring dan supervisi, tetapi secara teknis yang mengerjakan tahapan-tahapan pemilu adalah penyelenggara di tingkat kabupaten/kota ke bawah.

Pramono mencontohkan pada Pemilu 2019 yang beririsan dengan Pilkada 2018 saja, sudah banyak sekali tahapan yang berselang-seling pelaksanaannya.

Baca juga: 

“Hari ini rekapitulasi dukungan calon perseorangan pilkada, besoknya sudah pleno rekapitulasi verifikasi dukungan parpol. Jadi, betul-betul pekerjaan bertumpuk-tumpuk,” ujarnya.

Senada, Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Agustyati juga mengingatkan beban pekerjaan berat yang akan dipikul penyelenggara pemilihan jika pemilu, pilpres, dan pilkada digelar serentak.

Baca juga:

“Tentu menjadi pekerjaan berat teman-teman penyelenggara pemilu, selayaknya pilkada di tengah suasana pandemi kemarin,” katanya.

*****

Editor: Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin