Home Kepulauan Riau Batam Masih Banyak Warga Batam yang Tak Pakai Masker

Masih Banyak Warga Batam yang Tak Pakai Masker

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad meninjau aktivitas warga di Pasar Fanindo, Batuaji, Jumat (29/5/20). (F: barakata.id/istimewa)

Barakata.id, Batam – Meski kasus positif Covid-19 di Kota Batam masih terus tumbuh, tapi masih banyak warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Di antaranya, tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad pun mengakui hal tersebut. Ia sudah menyaksikan langsung masih adanya warga yang tidak memakai masker, padahal mereka berada di tempat keramaian.

“Sudah langsung kita nasehati, Alhamdulillah mereka sudah kita edukasi dan mau menggunakan masker,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) itu saat sidak ke Kompleks SP Plaza, Sagulung, Batam, Jumat (29/5/20).

Baca Juga :
Lagi, Pasien Covid-19 Batam Bertambah 10 Orang

Selain ke Sagulung, Amsakar juga memantau aktivitas warga di tempat keramaian di Kecamatan Batuaji, dan Sekupang.

Sama seperti di Sagulung, Amsakar juga mengaku menemukan beberapa warga yang belum patuh, tidak menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

Amsakar pun mengimbau warga Batam agar sadar dan mengikuti protokol kesehatan karena ancaman virus corona belum selesai.

Menurut dia, dengan mengikuti protokol kesehatan ini, warga mampu memproteksi diri dan meminimalisir terjangkit virus yang menyerang sistem pernapasan itu.

“Kita tak henti-henti mengingatkan, ini demi kepentingan kita bersama,” ujarnya.

Untuk diketahui, protokol kesehatan tersebut seperti menggunakan masker, menjaga jarak, disiplin mencuci tangan, hingga menjaga kebugaran dengan rajin berolahraga.

‘Jika semua warga mengikuti protokol kesehatan ini, Insya Allah Batam mampu mengantisipasi penyebaran virus ini,” katanya.

“Mari sama-sama kita melawan Covid-19 ini,” sambung mantan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Sumber Daya Mineral Kota Batam ini.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad

Amsakar mengatakan, saat ini pihaknya masih dalam tahap mengingatkan. Namun, jika peringatan tersebut tak juga diindahkan, maka akan ada tindakan tegas dari petugas.

“Ini upaya kita mengedukasi warga, sebelum nangi pada tanggal 15 Juni kita buka semua aktivitas di Batam dan harus diiringi kesadaran warga akan protokol kesehatan,” ujarnya.

Selain mengimbau warga, di beberapa pasar yang dikunjunginya hari ini, Amsakar juga mengatur jarak para pedagang dan juga pembeli. Ia pun mengingatkan agar semua meja di tempat makan dikurangi dan tempat duduk diberi jarak.

“Sudah kita atur, dan para pedagang siap mengikuti imbauan kita,” katanya.

Baca Juga :
Pemko Batam Perpanjang Belajar di Rumah Sampai 13 Juli 2020

Tak hanya kepada pedagang dan warga, Amasakar juga mengingatkan para pengelola pasar untuk terus mengingatkan pengunjung dan pedagang agar mematuhi protokol kesehatan.

Pengelola Kompleks SP Plaza, Marlina menegaskan, pihaknya siap mengikuti semua imbauan dari pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona. Pihaknya juga akan terus mengimbau melalui pengeras suar agar terus diperdengarkan kepada pedagang dan pengunjung SP Plaza.

“Setiap lapak dan tempat makan kita beri lembaran agar mematuhi protokol kesehatan itu,” ujarnya.

*****

Editor : YB Trisna

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin