Home Warta Nusantara Martin Labo-Datu Nasir Bercita-Cita Sejahterakan Kehidupan Petani Malinau

Martin Labo-Datu Nasir Bercita-Cita Sejahterakan Kehidupan Petani Malinau

95
Calon Bupati Malinau Martin Labo foto bersama dengan salah satu pendukung
Calon Bupati Malinau Martin Labo foto bersama dengan salah satu pendukung

Barakata.id,-MALINAU – Pasangan calon Bupati Malinau Martin Labo- Datu Nasir sangat fokus terhadap kesejahteraan petani. Dalam program kerja yang mereka tuangkan, kehidupan petani salah satu target utama yang harus disejahterakan jika mereka diberi kepercayaan memimpin Kabupaten Malinau 2021-2024.

“Program kami berpihak kepada para petani. Program kami memberikan bantuan, pendampingan
dan penguatan mulai dari produksi sampai dengan pemasaran” kata Martin Labo, beberapa waktu lalu.

Martin menjelaskan dalam buku saku mandatnya, seribu kelompok tani bakal mendapatkan bantuan permodalan sebesar 5 juta rupiah per kelompok tani. Bantuan ini akan difokuskan untuk modal pada masa panen. Untuk penyalurannya nantinya akan memberdayakan BUMD, BUMADes dan BUMDes.

Selain bantuan lima juta rupiah per kelompok, nantinya juga akan disediakan tenaga pendamping pertanian dan perkebunan pada setiap Desa. Sedikitnya akan ada dua tenaga pendamping.

Adapun kebijakan lain yang akan dilaksanakan yaitu membeli gabah petani dengan harga tinggi (Rp 7.000,00/kg gabah kering). Begitu juga tidak lupa untuk pemberian bantuan pupuk, bibit dan alat pertanian kepada para petani akan diterapkan.

“Tidak hanya itu. Dana pendamping dana desa yang difokuskan untuk ekonomi kerakyatan sektor pertanian dan perkebunan rakyat sebesar seratus juta per desa masuk dalam program kami,” kata Martin.

Pasangan nomor urut satu ini mengatakan dana diberikan sebagai pendamping dana desa yang diperuntukan bagi sektor pertanian. Nantinya mekanisme perencanaan penggunaan dana pendamping sektor pertanian akan diprogramkan melalui Musrenbang Desa.

Pembentukan BUMDes Bersama (BUMADES) tingkat Kecamatan dan kabupaten nantinya ditujukan menerima, mengolah dan memasarkan produk pertanian. “Jika terpilih kami juga akan sering melakukan komunikasi dengan petani. Apa masalah yang mereka alami akan kami tampung dan cari solusi bersama,” kata Martin mengakhiri. (Rinto)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin