Mantap, Batam Bakal Punya Pusat Olahraga Dirgantara

TNI AU dan BKSDA Riau menandatangani MoU, Kamis (12/11/20. (F: Humas Pemko Batam)

Barakata.id- Batam bakal punya pusat olahraga dirgantara. Nantinya spot olahraga itu akan dibuat di Kawasan Hutan Taman Buru, Pulau Rempang dan Taman Wisata Alam, Mukakuning, Batam.

Rencana itu diresmikan lewat penandatanganan nota kesepahaman antara Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau dan TNI AU di Aula Embung Fatimah, Lantai 4 Kantor Wali Kota Batam, Kamis (12/11/20).

Baca Juga:
Bakal Seru! Batam Tuan Rumah Pelangi Nusantara 2021

Kerja sama antara BBKSDA Riau dan TNI AU ini dalam rangka pengembangan, pembangunan, dan pengoperasian infrastruktur olahraga dirgantara yang berada dalam kawasan hutan, serta pengelolaan taman wisata alam di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

“Kota Batam sangat bagus sekali untuk dikembangkan wisata olahraga dirgantara seperti trike, pesawat bermotor, paralayang, paramotor dan masih banyak lagi,” kata Aspotdirga Kasau Marsekal Muda (Marsda) TNI Irawan Nurhadi.

Ia mengatakan jajaran TNI AU akan terus mendorong Pemko Batam dan instansi terkait lainnya, untuk menyosialisasikan dan mengembangkan wisata dirgantara ini. Dengan harapan, wisata dirgantara dapat berkembang dan bisa menggelar iven olahraga dirgantara tingkat nasional dan internasional di Batam.

PJS Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum yang menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara BKSDA dan TNI AU, menyambut baik kerjasama ini.

“Saya berharap dengan MoU ini dapat menciptakan spot baru buat wisatawan di bidang kedirgantaraan,” tuturnya.

Selama ini, katanya wisata dirgantara belum tersentuh sama sekali di Batam. Dengan adanya MoU ini, tentu dapat memberikan dampak pengembangan Sport Tourism di Kota Batam.

“Pastinya dapat mengangkat ekonomi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Baca Juga:
TNI Siaga 24 Jam di Natuna, Nelayan Tak Takut Lagi Melaut

Syamsul mengatakan MoU ini sebagai langkah baik dalam menghidupkan kembali pariwisata Batam, yang selama ini mati suri akibat pandemi.

“Kita berharap tahun depan wabah Covid-19 mereda, vaksin sudah ditemukan, dan suasana kembali kondusif,” ujarnya.

MoU ini, kata Syamsul sebagai langskah persiapan Batam sebagai tuan rumah Pelangi Nusantara 2021. Pemerintah Kota Batam akan segera membentuk tim melaksanakan program pengembangan potensi olahraga dirgantara di Kota Batam.

“Akan kita buat tim yang terdiri dari Dinas Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga, KONI, PHRI, ASITA Kota Batam, dan instansi terkait dalam mendukung Kota Batam sebagai destinasi event aero tourism,” pungkasnya.

***
Editor: Asrul R

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin